Apr 01

Hampir semua industri di dunia ini memanfaatkan bahan galian tambang dalam proses produksinya, baik sebagai bahan baku utama maupun bahan baku penolong. Sebagai contoh, produk-produk yang ada di lingkungan kita banyak yang berasal dari bahan galian, seperti kertas, keramik, gelas-kaca, obat-obatan, pupuk pertanian dan lain sebagainya.  Continue reading »

Apr 01

Terjadinya swabakar batubara dalam tambang bawah tanah, dipengaruhi oleh beberapa parameter, diantaranya ketersediaan oksigen, kondisi gas methan, CO dan CO2 yang berada di atas ambang batas serta parameter pemicu lainnya seperti adanya penyulut akibat terjadinya pergesekan peralatan dan lain sebagainya. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sistem pemantauan secara terpusat pada pencegahan kebakaran batubara serta mengurangi dampak terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja tambang dan lingkungan. Metodologi meliputi: pengecekan peralatan, uji alat sebelum pemasangan, pelacakan jaringan sensor dan pemasangan alat instalasi sensor dalam tambang, kalibrasi sensor, pemasangan receiver dan AC ruang kontrol, serta uji coba pengiriman data dari dalam tambang. Continue reading »

Apr 01

Gasifier batubara telah mampu dioperasikan pada proses pengeringan teh, tetapi operasionalnya masih dengan sistem batch (berkala) dan tidak bisa secara kontinu. Sedang sistem pengumpan batubara sudah mampu dilakukan secara kontinu, tetapi abu batubara tidak bisa dikeluarkan secara kontinu, dan menumpuk di bagian bawah reaktor hingga menggangu proses gasifikasi. Penelitian bertujuan untuk penyempurnaan gasifier batubara dengan membuat dan memasang sistem pengeluaran abu yang kontinu, agar pengumpanan batubara dapat dilakukan secara terus menerus tanpa menghentikan kegiatan operasi, serta memasang sistem kontrol aliran udara sehingga alur proses gasifikasi dapat diamati. Continue reading »

Apr 01

Kebijakan pemerintah untuk mengurangi subsidi BBM pada sektor indusri (termasuk industri kecil/menengah) mulai direalisasi dalam beberapa tahun ini. Dampak kebijakan ini mulai tampak pada beberapa industri pengguna BBM yang berusaha beralih ke bahan bakar lain. Sementara itu, penggunaan kayu bakar pada industri kecil juga semakin sulit. Salah satu bahan bakar alternatif adalah batubara. Penggunaan batubara pada industri kecil yang paling cocok adalah dalam bentuk briket. Penggunaan briket batubara untuk rumah tangga dan industri kecil telah dimulai sejak tahun 1993 dan telah menumbuhkan berbagai kerjasama litbang, baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu hasil kerjasama tersebut adalah berdirinya pilot plant briket biobatubara di Palimanan. Continue reading »

Apr 01

Kalsium dan fosfor merupakan unsur-unsur yang sangat penting sebagai bahan utama dalam pembuatan nutrisi pakan ternak. Salah satu sumber kalsium alternatif adalah batu gamping (mineral kapur) sedangkan sumber fosfor bisa diperoleh dari asam fosfat. Kapur dan asam fosfat dapat dibuat menjadi Ca-Hidrofosfat yang dapat dipakai sebagai bahan baku nutrisi alternatif untuk pakan ternak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui parameter-parameter yang mempengaruhi proses sintesis Ca-Hidrofosfat pada skala laboratorium dan selanjutnya dapat dikembangkan untuk diaplikasikan pada skala yang lebih besar. Metodologi yang digunakan meliputi pengambilan dan pengujian contoh, uji coba sintesis, analisis dan evaluasi. Continue reading »