Apr 28


Hopper hasil modifikasi

Rancang bangun gasifier skala IKM bermula dari pengalaman rancang bangun tungku berbahan bakar briket batubara yang telah diimplementasikan pada industri Rumahan dan beberapa pesantren.

Permasalahan yang ditemui selamaimplementasimemunculkanpertanyaan “mampukah bahan bakar padat seperti briket batubara ataupun batubara menjadi bahan bakar yang praktis dan bersih”. “Praktis” di sini adalah mampu dioperasikan secara mudah, efisien, dan ramah lingkungan serta dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan energi industri pengguna, sehingga menarik minat industri untuk beralih menggunakan bahan bakar briket batubara/batubara. Continue reading »

Apr 17


Peralatan tungku pembakar ter

Proses gasifikasi batubara dengan teknologi fixedbed menghasilkan ter.
Ter merupakan campuran senyawa hidrokarbon rantai panjang yang berfase uap pada suhu operasi gasifikasi tetapi akan mencair pada suhu kamar. Limbah ter dikategorikan sebagai limbah B3 sehingga diperlukan penanganan khusus terhadap limbah tersesuai dengan peraturan lingkungan hidup yang berlaku.

Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara berhasil mengembangkan tungku pembakar ter untuk mendegradasi ter menjadi gas buang yang dapat dibuang langsung ke udara tanpa mencemari lingkungan. Selain itu, pembakaran ter juga menghasilkan energi panas. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uap yang diperlukan dalam proses gasifikasi. 1 liter ter dapat menghasilkan 11 kg uap. Continue reading »

Apr 17

Akuabat adalah campuran batubara halus, air, dan zat aditif membentuk suspensi kental yang homogen dan stabil selama penyimpanan, pengangkutan, dan pembakaran.

Batubara peringkat rendah sebagai bahan baku pembuatan akuabat, perlu diproses terlebih dahulu melalui proses upgraded brown coal (UBC) atau hot thermal drying (HTD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa batubara hasil UBC dan HTD dapat menjadi bahan baku pembuatan akuabat yang cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar boiler menggantikan minyak berat.

Continue reading »