PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI BRIKET BIOBATUBARA PENELITIAN PENURUNAN KADAR LOGAM DARI LIMBAH PERTAMBANGAN BIJIH EMAS DAN BATUBARA SECARA BIOSORPSI
Feb 17

Dengan dikuranginya subsidi BBM secara drastis maka banyak industri beralih dari penggunaan BBM ke batubara. Banyak diantaranya yang membeli boiler baru dengan bahan bakar batubara sementara boiler lama dengan bahan bakar minyak tidak digunakan karena tidak ekonomis lagi.

Boiler BBM dapat dimanfaatkan dengan memodifikasinya menjadi boiler berbahan bakar batubara dengan cara mengganti pembakar BBM-nya dengan alat pembakar batubara. Pembakar batubara yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik pembakar BBM sebelumnya, khususnya kapasitas pembakaran dan volume ruang pembakaran-nya mendekati pembakar BBM sehingga kapasitas boilernya nanti tidak menurun terlalu banyak.

Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan teknik modifikasi boiler BBM menjadi boiler batubara dengan mencoba penggunaan pembakar siklon sebagai pembakar batubaranya dengan meneliti parameter-parameter yang berpengaruh sehingga dicapai efisiensi yang baik dan meneliti efek negatif yang timbul serta usaha mengatasinya.

Pembakar siklon berupa silinder, batubara ditiupkan bersama dengan udara pembakar secara tangensial, sehingga bubuk batubara berputar dan terbakar dalam ruang siklon tersebut secara intensif sebab tingkat turbulensi yang tinggi tercipta dalam ruang bakar siklon. Hal ini menjadikan alat pembakar tersebut mampu mendekati karakteristik pembakar BBM sebelumnya dalam boiler. Boiler yang digunakan untuk percobaan berupa boiler vertikal, dengan pembakar BBM di atasnya yang pembakarannya memanaskan bagian dalam kumparan pipa air, dengan aliran asap pembakaran ke bawah dan selanjutnya berbalik ke atas menuju cerobong melewati bagian luar kumparan pipa air.

Kapasitas boiler adalah 2 ton uap/jam. Pembakar siklon dipasang di atas boiler, asap pembakarannya dibelokkan ke bawah ke ruang pembakaran yang sebelumnya merupakan ruang pembakaran BBM. Kapasitas pembakar siklon adalah 220 kg batubara per jam untuk batubara -30 mesh. Setelah uji operasional pembakar siklon dan pemasangannya dalam boiler menggantikan pembakar BBM, dilakukan uji kinerjanya untuk menghasilkan uap.

Pada tahap awal dilakukan pembakaran batubara dengan kecepatan 30-40 kg/jam dan selanjutnya terus ditingkatkan sehingga mencapai 220 - 240 kg batubara per jam sesuai dengan kapasitas boiler. Tetapi ternyata pembakaran batubara hanya mencapai 75 kg per jam melalui perbaikan-perbaikan penghubung siklon dengan boiler yang rawan bocor karena getaran boiler. Batubara yang digunakan berukuran -30 mesh, nilai kalorinya 5537 kkal/kg menghasilkan 585 kg uap/jam dengan tingkat efisiensi rata-rata 86,7%. Masih rendahnya kapasitas pembakaran batubara yang dicapai disebabkan sistem bekerja secara terbuka sehingga mengandalkan draft alami yang lemah.

Akibatnya udara pembakar yang masuk terbatas dan siklon maupun boiler masih bekerja di bawah kapasitasnya. Efisiensi energi yang cukup baik dan respon yang cepat kurang dari 30 menit menunjukkan bahwa boiler dan pembakar siklon telah berinteraksi secara baik, sehingga usaha selanjutnya adalah meningkatkan kapasitas pembakaran batubara.

Untuk meningkatkan kapasitas pembakaran batubara, perlu dorongan draft (forced draft) yang dapat dilakukan dalam sistem tertutup dengan tekanan positif dalam sistem. Untuk keperluan tersebut diperlukan blower yang berdaya lebih tinggi seperti yang digunakan sistem BBM sebelumnya yang berdaya 3 pk, sehingga dapat mengatasi hambatan yang ada antara boiler sampai cerobong. Selain itu sambungan antara siklon dengan boiler perlu dibuat lebih kuat sehingga tahan terhadap getaran boiler selama beroperasi.

Setelah boiler dimodifikasi dengan mengganti burner BBM dengan pembakar siklon dengan batubara ternyata pembakar siklon dapat berinteraksi dengan baik dengan boiler yang ditunjukkan oleh efisiensi energi yang cukup baik, rata-rata 86,7% dan produksi uap langsung normal dalam waktu kurang dari 30 menit setelah penyalaan.

Efisiensi energi yang cukup baik menunjukkan proses perpindahan panas dari api pembakaran batubara berlangsung secara efisien. Biasanya efisiensi energi untuk sistem BBM adalah 85 - 95%.

Kapasitas boiler termodifikasi masih rendah. Hal ini disebabkan :

  1. Hasil modifikasi adalah sistem terbuka bertekanan 1 atmosfer, mengandalkan natural draft dari cerobong yang tidak begitu kuat.
  2. Blower yang digunakan berdaya rendah (0,7 pk). Pada sistem BBM sebelumnya digunakan blower 3 pk, dalam sistem tertutup.

Untuk meningkatkan kapasitas boiler termodifikasi, sistemnya harus tertutup dengan tekanan positif. Untuk itu diperlukan blower berdaya lebih tinggi dan sistem pengumpan batubara dengan teknik pengumpan ulir.

12 Responses to “MODIFIKASI BOILER INDUSTRI BERBAHAN BAKAR MINYAK MENJADI BERBAHAN BAKAR BATUBARA MENGGUNAKAN PEMBAKAR SIKLON”

  1. maulana afdil Says:

    k saya bisa bantu membuatkan tungku pembakaran boiler dengan bahan baku b batu bara mentah ukuran 2 x 3 cm tanpa batu bara - 30 mesh , Terimaksih

    [reply this comment]

  2. Sumaryono Says:

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Memang kadang-kadang bisa menggunakan batubara 3-5 cm, tetapi ada beberapa kesulitan, antara lain :
    1. Dengan teknik lumpy coal tersebut pada skala besar 3 ton/jam atau lebih ada beberapa kelemahan jika digunakan untuk modifikasi boiler/oil heater ex BBM, diantaranya efisiensi energi yang menurun.
    2. Dengan lumpy coal terbatas pada aplikasi-aplikasi yang agak kasar karena sulit melakukan fine tune-up seperti pada tepung batubara yang dengan mudah dapat dilakukan tune-up, dihidupkan/dimatikan secara mendadak.
    3. Di Indonesia semakin sulit mendapatkan batubara lumpy 3-5 cm, karena kebanyakan mempunyai slaking index tinggi sehingga sampai di lokasi konsumen di Jawa sudah remuk sendiri. Jadi teknik batubara tepung ini salah satunya juga untuk memanfaatkan batubara yang remuk tersebut yang jumlahnya bisa mencapai lebih dari 40%.
    4. Efisiensi pembakaran dengan siklon menggunakan batubara -30 mesh sangat tinggi sehingga tidak ada limbah-limbah combustible yang tersisa, dengan demikian dapat mendukung konservasi energi.

    Demikian, terima kasih atas perhatian bapak.

    Sumaryono

    [reply this comment]

  3. ismail Says:

    ku mau nanya boiler ditempat kami 6 ton /jam,ada economizer,kalori coal 6000kalori,consumption air 150kg/mkubik
    .apakah adacara untuk menurunkan consumption dari 15o kg/mkubik menjadi 130kg/mkubik

    trimakasih

    [reply this comment]

  4. tonny Says:

    aloww. mau tanya. bagaimana pembakaran dengan bahan arang. apakah bs lbh baik..
    thx

    [reply this comment]

  5. didin Says:

    apakah sudah diujicoba skala industri contohnya industri apa..,dimana ?
    selain itu ketersediaan batubara apakah mekanismenya mudah didapatkan seperti mudahnya mencari solar ?

    [reply this comment]

  6. r.syuhada Says:

    pengembangan untukk penerapan usaha spt itu perlu di sosialisasikan di wilayah yg banyak menghasilkan batubara agar pemanfaatan ke arah tsb dapat maju dan pesat dikenal khalayak ramai.
    kami juga ingin lebih tahu banyak metode tsb, untuk dpt di terapkan di industri/perusahaan sebagai pemanfaatan “tai”/limbah batubara. mksh

    [reply this comment]

  7. Prayitno Says:

    Mohon masukan Pak,
    Kami berencana memodifikasi Boiler Takuma N600.
    dari awalnya bahan bakar full kayu menjadi 60 % kayu , 40 % batubara
    bagaimana caranya / menghitungnya.
    Terima kasih.

    [reply this comment]

  8. Aprianto Says:

    Mohon bantuannya Pak.

    Saya mahasiswa Teknik Mesin dan saya berniat membuat Rancangan Tugas Akhir dengan judul Tungku Batu Bara pada Boiler.
    Saya mengalami kesulitan akan refrensi dan informasi untuk judul saya tersebut. Penggunaan batu baranya pun untuk ukuran yg lumayan besar. Saya perlu informasi sebanyak-banyaknya untuk merancang suatu tungku batu bara untuk boiler.
    Saya mohon masukannya.

    [reply this comment]

  9. Aprianto Says:

    Mohon masukannya juga Pak,.

    Kami mau memodifikasi Boiler dengan tungku full menggunakan batubara.

    Kira-kira bagian apa saja bagiannya untuk membantu tungku dapat membakar batubara dengan sempurna? Dan untuk sistem feedingya dan sistem pembuangan abu batubaranya.

    Terima kasih Pak Sumaryono. Mohon dibalas ke email saya.
    april_hotmailz@yahoo.co.id

    [reply this comment]

  10. Bernhard Says:

    Enter your comments here…
    Saya mau menawarkan jasa untuk overhoul boiler ( cleaning Boiler ) , Perbaikan economizer ataupun tungku. Memodifikasi Burner ataupun memodifikasi bahan bakar boiler.
    Bisa dihubungi ke 08129203220 atau 021-71073179.

    [reply this comment]

  11. harga blackberry gemini Says:

    ikutan menyimak yak…..

    [reply this comment]

  12. jam tangan Says:

    It’s a nice blog. Salam kenal ya….

    [reply this comment]

Leave a Reply