AKUABAT UNTUK BAHAN BAKAR BOILER GASIFIER BATUBARA UNTUK INDUSTRI KECIL – MENENGAH (IKM)
Apr 17


Peralatan tungku pembakar ter

Proses gasifikasi batubara dengan teknologi fixedbed menghasilkan ter.
Ter merupakan campuran senyawa hidrokarbon rantai panjang yang berfase uap pada suhu operasi gasifikasi tetapi akan mencair pada suhu kamar. Limbah ter dikategorikan sebagai limbah B3 sehingga diperlukan penanganan khusus terhadap limbah tersesuai dengan peraturan lingkungan hidup yang berlaku.

Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara berhasil mengembangkan tungku pembakar ter untuk mendegradasi ter menjadi gas buang yang dapat dibuang langsung ke udara tanpa mencemari lingkungan. Selain itu, pembakaran ter juga menghasilkan energi panas. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uap yang diperlukan dalam proses gasifikasi. 1 liter ter dapat menghasilkan 11 kg uap.

Keunggulan Teknologi

Pada tungku ini ter dibakar dengan pereaksi udara sehingga menjadi gas buang hasil pembakaran yang dapat langsung dilepaskan ke udara. Suhu pembakaran dalam ruang bakar tungku dirancang > 800 0C agar senyawa ter terdekomposisi sempurna menjadi gas CO2 dan H2O. Jika suhu pembakaran ter < 800 0C , senyawa ter akan terdekomposisi menjadi senyawa dioksin. Senyawa ini beracun dan dapat menyebabkan kanker. Hasil uji coba operasional tungku ter menunjukkan suhu ruang bakar mencapai > 1.200 0C. Emisi pada cerobong tungku untuk NO2 dan SO2 masing-masing 407 dan 318 mg/Nm3. Emisi tersebut di bawah ambang batas yang telah ditentukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup yaitu 750 mg/Nm3 baik untuk NO2 maupun SO2 (Permen LH No. 21 Tahun 2008).

Hasil perhitungan neraca massa dan energi laju alir uap yang dapat diproduksi dari pembakaran ter adalah 545 kg/jam. Laju produksi uap tersebut lebih besar dari uap yang dihasilkan dalam proses gasifikasi yaitu 300 kg/jam, sehingga kebutuhan uap untuk proses gasifikasi dapat terjamin.


Uji coba tungku pembakaran ter – tidak terlihat asap
pada cerobong, ruang bakar terlihat jernih


Uji coba tungku pembakaran ter


Keuntungan Penggunaan Tungku Pembakar Ter

  • Tungku pembakar ter merupakan rekayasa alat yang dapat digunakan untuk mendukung pengembangan gasifikasi batubara yang ramah lingkungan, yaitu dapat mengolah limbah B3 secara in situ di lokasi pabrik;
  • Dapat menghasilkan energi panas yang dapat dimanfaatkan, antara lain untuk memproduksi uap yang dibutuhkan oleh pabrik gasifikasi;
  • Bersama-sama dengan teknologi gasifikasi batubara dapat mendukung program substitusi BBM ke batubara dan mengurangi biaya produksi listrik untuk PLTD dual fuel;
  • Menggunakan teknologi sederhana dan mudah dioperasikan;
  • Dapat beroperasi secara kontinyu dengan turn down ratio yang besar sampai 30%;
  • Mengembangkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) > 70%;
  • Harga alat relatif murah, yaitu sekitar Rp 60 juta untuk kapasitas gasifier diameter 2 m.


Disain tungku pembakar ter

Potensi Aplikasi

  • Potensi pasar tungku pembakar ter adalah pabrik gas batubara yang saat ini sudah terpasang, antara lain di Medan (Sumut), Semarang (Jateng) dan Melak (Kaltim).
  • Potensi pasar yang lain adalah pemanfaatan gasifikasi batubara untuk pembangkit PLTD dual fuel, di mana teknologi ini pada tahap komersial akan menghasilkan limbah ter sebanyak 785 juta kg/tahun.
  • Teknologi ini juga dapat digunakan untuk membakar limbah lain yang karakteristiknya mirip dengan limbah ter, seperti oli bekas. Jumlah limbah oli bekas di Indonesia pada tahun 2010 sekitar 2 juta barel.

Inovator

Nurhadi (nurhadi@tekmira.esdm.go.id), Miftahul Huda, Fahmi Sulistyohadi, Sumaryono, Suganal, Dedy Yaskuri, Wahid Supriatna.

Leave a Reply