PENELITIAN PROSES PELINDIAN NICKEL-MATTE SISTEM KONTINU DAN OTOMATISASI PERALATANNYA, JAWA BARAT PEREKAYASAAN PERALATAN SISTEM PENGOLAHAN AIR BERSIH, JAWA BARAT
Mar 31

Laboratorium kimia mineral dan lingkungan Puslitbang tekMIRA selama ini menerima contoh untuk dianalisis kandungan unsur-unsurnya dengan jumlah yang cukup besar (3000-an contoh/tahun). Limbah cair yang dihasilkan dari proses pelarutan serta proses pembilasan peralatan (+ 100 liter/hari). Selama ini limbah tersebut diolah dengan cara pengenceran dan langsung dibuang keperairan bebas tanpa diketahui karakteristiknya. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga agar lingkungan sekitar Puslitbang tekMIRA tidak tercemar oleh limbah cair tersebut. Selain itu, IPAL laboratorium kimia dan lingkungan ini dapat dijadikan acuan bagi laboratorium-laboratorium lain yang sejenis sebagai persyaratan bagi laboratorium terakreditasi.

Metodologi meliputi: penyediaan bahan baku limbah; prinsip pengolahan limbah cair; uji karakteristik contoh; uji pengolahan; desain gambar peralatan dan IPAL; Kontruksi IPAL; uji coba IPAL. Dari hasil karakterisasi contoh limbah memperlihatkan bahwa kualitas limbah cair tersebut masih di atas ambang batas, dengan pH = 0,49, kadar logam-logam berat terlarut masih di atas kadar baku mutu ( COD = 129; Fe = 19,2; Pb = 1,32 dan residu tersuspensi = 358 mg/L). Sedang baku mutu limbah cair sesuai SK Menteri Lingkungan Hidup tahun 1995 contohnya adalah pH = 6,9; COD = 100; Fe = 5; Pb = 0,1; dan residu tersuspensi = 200 mg/L. Dengan demikian limbah laboratorium tekMIRA belum layak untuk langsung dibuang ke perairan bebas. Sedang dari metode pengolahan limbah cair, limbah tersebut diolah secara kimia fisika sebagai perlakuan tahap primer yaitu proses pengenceran, netralisasi pH dan pengendapan. IPAL didesain dan dikonstruksi didasarkan pada langkah-langkah proses seperti penampungan air limbah, pengenceran, netralisasi pH, pengendapan dan penyaringan.

Proses pengenceran dilakukan 20 kali, dan dapat meningkatkan pH menjadi 1,5. Kondisi terbaik dari proses pengolahan limbah menunjukkan volume limbah dengan pengenceran (2000 liter), pH = 1,5; Debit limbah ketangki -1 = 70 liter/menit; Kapur padam = 0,4% dari total limbah, jika dibuat larutan kapur padam 10% = 5liter/menit; Tawas 0,05% dari total limbah, jika dibuat larutan tawas 10% = 0,7 liter/menit; total waktu proses untuk 2000 liter limbah = 30 menit.

11 Responses to “PEREKAYASAAN PERALATAN SISTEM PENGOLAHAN LIMBAH LABORATORIUM KIMIA”

  1. Asri Zaitunatun Says:

    Tahun ini kami berencana membeli alat pengolah limbah cair laboratorium, mohon infrormasi harganya, terima kasih

    [reply this comment]

  2. Sugeng Dwi Norcahyanto Says:

    Mkau tanya harga alat laboratorium,mohon info harganya terima kasih……………….

    [reply this comment]

  3. indee Says:

    mohon informasinya untuk IPAL/ water waste treatment untuk skala laboratorium kecil, untuk harganya, bentuk dan macamnya… terima kasih..

    [reply this comment]

  4. Amelia Says:

    Bagaimana jika ada pembakaran limbah chrome trivalen atau hexavalen

    [reply this comment]

  5. m martua nasution Says:

    mohon informasi utk ipal laboratorium skala kecil dan desain ipal nya, terima kasih

    [reply this comment]

  6. himpun prayudo Says:

    Mhn informasi peralatan/ teknik pengolahan limbah cair laboratorium kimia, terutama limbah cair (asam kuat) sisa analisa, mhn informasi harganya, tks

    [reply this comment]

  7. dining Says:

    Apakah saya bisa mendapatkan file hasil penelitian ini secara lengkap? saya sedang melakukan penelitian serupa. Kalau ya, saya senang sekali..
    Terimaksih banyak.

    [reply this comment]

  8. Hartini Says:

    Mohon info ipal untuk laboratorium kimia skala kecil, and berapa harga? Adakah semacam pelatihan untuk membuat ipal skala kecil? Tks.

    [reply this comment]

  9. devi Says:

    Bolehkah saya mendapatkan file tentang penelitian ini secara lengkap..kebetulan saat ini saya sedang melakukan penelitian tentang limbah ini..untuk tugas akhir saya..terima kasih

    [reply this comment]

  10. chemical Says:

    Saya suka blog Anda, tema Anda adalah indah, bagaimana Anda merancang tema Anda?

    [reply this comment]

  11. raisha Says:

    mohon diberitahukan cara pengolahan limbah cair bahan kimia kadaluarsa skala kecil… terimakasih

    [reply this comment]

Leave a Reply