STUDI PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENGINDERAAN JARAK JAUH UNTUK MONITORING DAMPAK AKTIVITAS PENAMBANGAN DI KABUPATEN KOTABARU PROPINSI KALIMANTAN SELATAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUK BRIKET BATUBARA PALIMANAN
Apr 01

Kalsium dan fosfor merupakan unsur-unsur yang sangat penting sebagai bahan utama dalam pembuatan nutrisi pakan ternak. Salah satu sumber kalsium alternatif adalah batu gamping (mineral kapur) sedangkan sumber fosfor bisa diperoleh dari asam fosfat. Kapur dan asam fosfat dapat dibuat menjadi Ca-Hidrofosfat yang dapat dipakai sebagai bahan baku nutrisi alternatif untuk pakan ternak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui parameter-parameter yang mempengaruhi proses sintesis Ca-Hidrofosfat pada skala laboratorium dan selanjutnya dapat dikembangkan untuk diaplikasikan pada skala yang lebih besar. Metodologi yang digunakan meliputi pengambilan dan pengujian contoh, uji coba sintesis, analisis dan evaluasi.

Pada penelitian ini dikaji jenis dan kualitas bahan baku seperti batu gamping, kapur tohor, dan kapur padam  untuk pembuatan kalsium hidrofosfat (CaHPO4) melalui proses sintesis dengan asam fosfat (H3PO4) secara stoichiometris serta mencari kondisi proses yang optimal sehingga kandungan Ca dan P dalam Ca-Hidrofosfat yang terbentuk dapat memenuhi standar SNI. Variabel yang digunakan dalam percobaan antara lain : kondisi bahan baku , pemakaian asam fosfat (stoichiometri; +10% dan -10%), dan waktu reaksi 0, 2, 4, 6, 8, 10, 20, 30 menit.

Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa hampir semua jenis bahan baku tersebut memenuhi syarat untuk pembuatan sintesis Ca-Hidrofosfat karena kandungan CaO nya > 55% dan bahan baku kapur yang paling baik adalah  jenis kapur tohor. Kondisi proses yang paling baik yaitu dengan menggunakan bahan baku kapur tohor yang ditunjukkan oleh peak mineral monetit yang paling tinggi dengan spesifikasi percobaan sebagai berikut :  50 gram kapur tohor, 250 cc air,  54 cc asam fosfat (stoichiometri) dan pH 5 serta waktu reaksi 10 menit. Analisis kimianya menunjukkan bahwa bahan baku yang paling baik adalah kapur tohor(KT2) yang menghasilkan Ca-Hidrofosfat dengan kandungan CaO 35,1% dan P2O5 44,9 %. Dengan mengacu pada standar SNI, maka kadar tersebut telah memenuhi syarat mutu sebagai bahan baku nutrisi pakan ternak.

3 Responses to “PENELITIAN SINTESIS PEMBUATAN KALSIUM HIDROFOSFAT (CaHPO4) DARI BATU KAPUR UNTUK BAHAN BAKU NUTRISI PAKAN TERNAK”

  1. katifah Says:

    mau tau komponen yang terdapat pada batu kapu n juga cara pengolahannya

    [reply this comment]

  2. katifah Says:

    assalamu”alaikum wr. wb pagi saya bisa minta materi cara pembuatan batu kapur nya tidak?

    [reply this comment]

  3. Aisa Catering Says:

    iya nich ok banget bahasannya

    [reply this comment]

Leave a Reply