PEMANFAATAN BIJIH LATERIT UNTUK INDUSTRI BESI BAJA DIVERSIFIKASI PRODUK KAPUR
Feb 17

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengubah cara pengolahan emas skala kecil yang biasanya menggunakan air raksa sebagai media penangkap emas dengan cara melebur langsung konsentrat emas dengan menggunakan batubara sebagai reduktornya.

Contoh konsentrat emas mengandung mangan yang cukup tinggi yakni Au=217,8 g/t, Ag=8219,7 g/t, Mn=18% dan Cu=0,023%.

Setelah proses peleburan menghasilkan produk Au=67,68% dan Ag=40,57% dengan recovery Au=85,40% dan Ag=75,80%.

51 Responses to “PELEBURAN LANGSUNG BIJIH EMAS BERKADAR MANGAN TINGGI”

  1. Ralph Pandelaki Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah tidak ada zat lain yang lebih efektip untuk menangkap emas selain air raksa, Atau apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Sehingga tidak perlu dilakukan pengolahan sampai berulang-ulang.
    Demikian pertanyaan saya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  2. suseno Says:

    untuk mendapatkan alat ini berikut harga dan kegunaannya saya bisa menghubungi kemana

    [reply this comment]

  3. suryanto Says:

    kalau saya punya kadar Au = 2.3 ppm, Ag = 350 ppm Mn = 30%, apakah bisa effektif jika menggunakan alat in, dan apakah layak untuk di produksi. Tks

    [reply this comment]

  4. indra Says:

    kalo sy punya bahan baku emas untuk melebur harus menghubungi siapa? siap bekerjasama

    [reply this comment]

  5. admin Says:

    Pengolahan bijih emas umumnya harus dilakukan secara bertahap, yaitu dari bijih yang baru digali dari tambang dengan kadar sangat rendah sekitar beberapa gram/ton saja masih perlu ditingkatkan menjadi bijih emas berkadar tinggi mencapai kadar diatas sepuluh gram/ton dengan cara pengayaan atau konsentrasi sehingga menjadi layak untuk diekstraksi emasnya secara kimia misalnya dengan metode sianidasi dan lain-lainnya. Terkecuali untuk bijih emas berkadar tinggi atau bijih emas yang secara alami berukuran butir besar, sehingga butirannya dapat dilihat dengan kasat mata atau tanpa mikroskop, bijih jenis ini dengan mudah dapat dipisahkan dengan cara pendulangan/palong berkarpet dan atau dilanjutkan dengan amalgamasi air raksa, sehingga membentuk amalgam emas dan setelah itu cukup melalui penggarangan bisa didapat emas bullion yang mengandung perak.

    Kembali ke bijih emas yang ditambang, terdapat berbagai jenis bijih yang sifat-sifatnya tergantung dari lingkungan keterdapatannya, misalnya emas alluvial terdapat sebagai butiran emas kasar ataupun halus sebagai hasil pelapukan, tranportasi dan pengendapan dari aliran sungai; bijih emas sulfida adalah emas yang terdapat di lingkungan bijih yang mengandung belerang tinggi atau bersama bijih sulfida lainnya seperti sulfida tembaga, sulfida besi, sulfida timah hitam dll; bijih emas manganis adalah emas yang terdapat bersama bijih yang mengandung unsur mangan dst. Oleh karenanya, jalur proses pengolahannya tidak sama bagi masing-masing jenis bijih emas tersebut; ada yang dapat langsung dipisahkan dari mineral pengotor lainnya berdasarkan perbedaan berat jenisnya, ada yang harus digiling halus agar bisa memisahkan bagian mineral yang berkadar emas tinggi dari bagian lainnya yang bersifat mengotori bijih atau ukuran halus itu diperlukan agar kontak dengan bahan pelarut dapat berlangsung efektif, ada pula yang harus dipanggang dahulu karena mengandung unsur logam lain yang mengurangi efektifitas kerja bahan pelarut emas. Untuk bisa memahami penggolongan jenis bijih tersebut, diperlukan kajian mineralogi dan analisis unsur total dari bijih tersebut; sedangkan untuk menguji sifat kelarutannya dapat diawali dengan pengujian standar sianidasi. Hasil pengujian sianidasi tersebut akan mengungkapkan mudah atau sulitnya kelarutan emas dalan larutan sianid, sehingga dapat dilanjutkan dengan pengujian lainnya, misalnya dengan melakukan penambahan reagen dsb. Bijih emas yang terdapat bersama bijih logam lainnya, seperti tembaga, seng, timah hitam dsb, biasanya tidak langsung dilakukan pemisahan terhadap emasnya, tetapi digabungkan dalam konsentrat tembaga, seng, galena dst; jadi emas akan diperoleh setelah proses peleburan masing-masing konsentrat tersebut, yaitu di peleburan bijih tembaga, seng, atau galena tsb.

    Pada saat ini, Tekmira di Kelompok Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral telah mengembangkan berbagai metode pengolahan bijih emas, tujuannya adalah untuk menghasilkan cara-cara pengolahan yang ramah lingkungan, dengan menghindarkan penggunaan air raksa/merkuri yang sangat membahayakan baik pelaku maupun lingkungan yang berada di sekitar penambangannya. Untuk melakukan pengujian bijih emas secara sistematis dan lengkap, dapat menghubungi Laboratorium Metalurgi dengan Bapak Ir. Nuryadi Saleh.

    Salam,
    Pramusanto

    [reply this comment]

  6. Albert Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Dan menurut info yang saya dapat untuk ukuran emas yang dibawah 74 mikron tidak bisa diambil oleh raksa termasuk yang kadar rendah.

    Mohon bantuannya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  7. wahyu Says:

    saya butuh pengolahan emas meski yang masih tradisional…….. sy sudah liat pengolahan emas yang msh memakai ” tromol ” yakni secara tradisional dengan memasukkan pasir yang mengandung emas kedalam drum , terus diputar dgn mesin sampai empat jam, dengan memasukkan air perak. apakah ada cara lain yang lebih baik ?? dimana sy bisa dapat ? trims…..

    [reply this comment]

  8. wahyu Says:

    no hp saya 085245050630……….. apakah ada alat pengolah emas yang lebmih baik dari pakai tromol ????

    [reply this comment]

  9. husin Says:

    Yth Bapak/Ibu,
    Mohon petunjuk pencucian zircon dari asalan kadar rendah 1% Zr,warna kemerahan mengandung banyak pasir,lokasi di palangkaraya.
    Terima kasih atas bantuannya.

    Salam dari,
    Husin

    [reply this comment]

  10. macx Says:

    saya ingin tahu tentang proses pengolahan logam logam tersebut.
    thanks

    [reply this comment]

  11. H. Tadjuddin Noor Says:

    dimana bisa mendapatkan alat tersebut dan kemana harus membawa contoh konsentrat emas mengandung mangan yang cukup tinggi yakni Au=217,8 g/t, Ag=8219,7 g/t, Mn=18% dan Cu=0,023%. mksh seblm atas jawaban Bapak

    [reply this comment]

  12. moh lukman Says:

    saya bisa lebur emas dan berhasil kadar emas 24 karat dari batu emas andesit tapi masih manual tapi proses cepat dan hasil sempurna system yg dipakai proses AVOGADRO bukan dengan cyanide…tdk berbahaya karena dapat dinetralkan d

    [reply this comment]

  13. moh lukman Says:

    saya bisa lebur emas dan berhasil kadar emas 24 karat dari batu emas andesit tapi masih manual tapi proses cepat dan hasil sempurna system yg dipakai proses AVOGADRO bukan dengan cyanide…tdk berbahaya karena dapat dinetralkan dgn H2O cuma kendala saya bahan baku tidak ada karena sulit untuk mendapatkan bahan baku. saya bersedia untuk bekerjasama jika ada yang punya bahan baku baik dari batu CINABAR/ANDESIT/PIRIT/ORE GOLD baikdari batu irja, jawa barat,sulteng,aceh,kaltim dll yang mengandung AU(aurum) maupun Perak.hubungi saya di 021-97886940 akau email ke : k_zeincomp@cbn.net.id/mlukmanskom@yahoo.com atau comentar ke http://www.mlukmanskom.socialgo.com saya tunggu keseriusannya.

    [reply this comment]

  14. didy Says:

    pak saya memproses emas tapi masih ada timahnya bagaimana caranya . trim

    [reply this comment]

  15. Ridwan Says:

    untuk mendapatkan alat pelebur emas ini berikut harga dan kegunaannya saya bisa menghubungi kemana, saya banyak contoh batu yang mengadung emas, karena sudah di buktikan dan memang emas.

    hanya saya ingin mengolahnya sendiri…bagaimana cara dan adakah alat nya serta dimana dan berapa harga yang diperlukan untuk mendapatkan alat tersebut.

    [reply this comment]

  16. harry Says:

    saya menemukan batu keras yang dipermukaan dan dalamnya terdapat butiran kecil berwarna putih keemasan batu itu sata dapatkn di gunung bebatuan saya tidak tahu itu jenis apa.ada nga ya bs bantu saya untk mengetahui jenis batu apa dan bagaimana penggolahannya seandainya batu itu berharga.saya bersedia untuk bekerja sama seandainya itu berharga.thanks

    [reply this comment]

  17. Anthonyswan Says:

    Di daerah saya, Sumatera Barat. Negari Palangki, Muaro Sijunjung, Manggani,dan Tanjung emas, terkenal punya sumber emas yang lumayan. Hampir setiap minggu penambang emas tradisional menjual emas hasil pengolahan emasnya dengan muttu yang lumayan.

    Sumber emas yang di tambang mulai dari Batu Pasir, dalam sungai, ataupun batu-batuan aluvial. meliputi batu manggaan, batu timah hitam, batu tembaga, dan bahkan tanah lempung yang masih mengandung emas! mulai kadar rendah, sampai pada butiran emas yang berbentuk biji cabe!

    Pada umumnya masyarakat menambang secara tradisional, dengan menggunakan sedotan pompa, dan memprosesnya memaka air raksa yang kemudian di garang dan dibersihkan dengan H2O. Dan kadang kala harus menggunakan dulu Ball Mil atau pun Stone Cruiser berskala kecil untuk mendapatkan batu emas dimaksud.

    Penggunaan air raksa, meskipun sudah di larang, namun pada kenyataannya masyarakat masih bisa mendapoatkannya secara sembunyi-sembunyi, dan itu jelas mengandung resiko untuk kesehatan mereka.

    Kebetulan saja saya masih mempunyai 12 bual Ball Mill untuk batu emas dengan motor penggerak mesin Nishubishi 24 Pk. yang sekarang tidak lagi di fungsikan. Maka melihat proto type mesin pengolahan emas ini, saya tertarik untuk mendapatkan input lebih banyak, mengenai harga, dan spesifikasinya secara detail. Apakah mesin ini mampu memperoses batuan emas di daerah kami lebih effektif, aman, dan terutara tidak melanggar aturan yang ada. Tks.

    [reply this comment]

  18. Aldo Says:

    Salam kenal pak…

    saya pengen tau tentang konsentrat emas itu berupa apa dan bewarna apa…
    apakah semua logam yang mengandung emas itu pasti mengandung perak…

    ……TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA…….

    [reply this comment]

  19. Asep Says:

    Daerah asal saya dari garut selatan tepatnya bungbulang, orang tua bilang wilayah ini disebut KANDANG WESI. Tempat tinggal saya sekelilingnya gunung-gunung yang penuh bebatuan dan cadas kering dan gersang katanya gunung batu tsb kaya bahan mineral seperti bahan besi, tembaga, mangan, emas. Bahkan ada seseorang yang mengemas beberapa karung bebatuan yang diyakininya mengandung urat emas, namun mendapat teguran dan ancaman dari pengelola lahan/pihak perkebunan. Tolong minta penjelasan tentang ciri-ciri dan tanda batu yang mengandung unsur besi, tembaga, emas, dan dimana lab yang bisa menguji kandungan tersebut, terimakasih.

    [reply this comment]

  20. aca Says:

    saya butuh informasi lebih lanjut karena saya punya kelompok pendulang emas tradisional

    [reply this comment]

  21. Made Says:

    sayaorangdesA, menemui /tanah yangadabutiran,kuningsepertipassiratobijiberas-
    sayagatauitiapa!sayadikarangasem/bali

    [reply this comment]

  22. Andre Says:

    Bagaimana proses pemurnian perak ? Apakah sama dengan proses pemurnian emas dan bagaimana masing-masing cara pemurniannya ? Terima kasih.

    [reply this comment]

  23. yosua wyanto Says:

    salam kenal bapak2 sekalian,saya impotir karbon aktif untuk pertambangan emas. mungkin karbon aktif saya bisa menjadi bahan petimbangan bapak2 sekalian. karbon aktif yang saya miliki ini salah satu karbon aktif terbaik karena kemampuannya untuk menangkap emas secara maksimal.keterangan karbon aktif:
    1. asal : davao, filipina
    2.kemasan:karungan 25 kg
    3.harga:jika tertarik dapat menghubungi saya

    tlp saya 0818-08510-250
    email yosua_wyanto@yahoo.com

    ket: karbon aktif saya ini sudah teruji di lapangan dan hasilnya sangat memuaskan

    [reply this comment]

  24. andry Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah tidak ada zat lain yang lebih efektip untuk menangkap emas selain air raksa, Atau apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Sehingga tidak perlu dilakukan pengolahan sampai berulang-ulang.
    Demikian pertanyaan saya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  25. wijaya Says:

    saya mohon dapat di beri petunjuk untuk teknis dan ukuran pada proses sianidasi serta design alat pendukungnya,sampai menjadi boulion untuk setiap 1 kali proses100 kg tailing.dengan kandungan emas halus.
    terimakasih wijaya

    [reply this comment]

  26. nicks Says:

    tolong di jawab pertanyaan nya aldo tertanggal 5 september….!!!
    Biar kami puas,,pertanyaannya bagus tuh,Biar teman2 juga tau..!!
    terimakasih…

    [reply this comment]

  27. Didi Says:

    saya mohon dapat diberi petunjuk cara pengolahan emas dengan menggunakan tailing pada proses sianidasi mulai dari bahan pendukung dan waktu pengolahan

    [reply this comment]

  28. taqwim zulhadi Says:

    ada yg tertarik ke lombok gak ??? booming emas disini

    [reply this comment]

  29. Oris Says:

    Saya pernah olah batu pirit sebanyak 50 kg, butiran mengkilat/logam seberat 1 kg. 90% kandungan logam. Batu pirit ini saya ambil dari bongkahan hasil tambang batu bara, dikumpul hari demi hari.
    Saya mengolahnya dengan memakai asam nitrat+asam klorida.
    Tetapi hasilnya nihil karena saya ga tau caranya untuk memisahkan kemungkinan adanya kandungan emas dari cairan tsb.
    Bagaimana cara memisahkannya ya..?
    Salam…

    [reply this comment]

  30. haruman Says:

    dijual pasir mengandung au sebanyak 50 ton siap tepat siapa dapat via sms 081312705000 harga 2000/kg nego

    [reply this comment]

  31. Ucok Says:

    Sy punya bahan baku emas paling banyak brupa emas alluvial tp sy tdk tau dmana d jual sianida dan karbon aktif n brp harganya? Kalo ada yg ingin kerja sama hub. 081341434401..

    [reply this comment]

  32. iyan Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah tidak ada zat lain yang lebih efektip untuk menangkap emas selain air raksa, Atau apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Sehingga tidak perlu dilakukan pengolahan sampai berulang-ulang.
    Demikian pertanyaan saya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  33. iyan Says:

    saya punya lokasi tambang emas masalah yang saya hadapi dalam proses pengolahan semua emas tidak tertangkap oleh air raksa.

    [reply this comment]

  34. kusyedi Says:

    saya mau tanya, bagaimana caranya untuk mengetahui bijih tembaga pada tanah..dengan akat bantu yang paling sederhana…

    [reply this comment]

  35. Rustianto Says:

    Utk Pak Oris,

    Saya tertarik dengan batu pirit yang pernah bapak test, apakah bisa kontak untuk detail lebih lanjut ?
    Kami sedang testing mengolah batu Pirit warna kuning untuk mendapatkan emasnya, dan kami mengetahui
    cara prosesnya.

    Saya bisa di hubungi di 0818-767200.

    Saya tunggu.

    [reply this comment]

  36. Anton Says:

    Saya mau tanya apa bisa batu tembaga (setelah digiling halus) langsung dilebur dalam api yang panas, tanpa harus melakukan proses asam sulfat (dalam bentuk konsentrat) ? bagaimana caranya peleburan batu tembaga tersebut ?

    Terima kasih atas pencerahannya.
    salam

    [reply this comment]

  37. Noor Satrio Says:

    Kami menjual karbon aktif khusus tambang emas merk Haycarb-Srilanka dengan mesh size 4×8, 6×12, berbahan dasar batok kelapa. Mutu sudah teruji banyak dipakai pada tambang emas di Indonesia.
    Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di 031-70011029 atau 031-70011020.

    Terima kasih.

    [reply this comment]

  38. tekoen Says:

    Pak bagaimana cara mendapat kadar tinggi dalam mengolah lumpur emas karna pengolahan lumpu dengan tong emas yang saya dapat kadarnya 5% rata.Terimakasih

    [reply this comment]

  39. bonk adha Says:

    saya punya pengolahan emas dan ladang yang telah dibuktikan secara tradisional dan lab. saat ini saya kehabisan modal,, kiranya ada yang mau kerja sama.. hubungi saya di Email.cv.bongadha@yahoo.com

    [reply this comment]

  40. saepul Says:

    JUAL BBM ALTERNATIF RCO ( Rubber Compound Oils ). sangat cocok digunakan untuk jenis mesin PEMBAKAR ( BURNER ) dan mesin KETEL UAP atau BOILER yang sebelumnya menggunakan bahan bakar solar, minyak tanah,residu, tanpa harus merubah instalasi yang sudah ada misalnya ukuran nozel dan kontrol pembakaran.
    Adapun harga pokok minyak bakar RCO adalah Rp. 3.700,- per liter
    1. Pengiriman / pembelian pertama di bayar CASH.
    2. Pengiriman / pembelian kedua dan seterusnya dibayar 1 minggu setelah barang diterima.
    GRATIS UJI COBA 25 liter dan BERGARANSI
    Informasi lebih lanjut, hubungi :
    SAEPUL ANWAR
    Marketing
    Telp : 0 8 1 3 1 9 9 6 6 3 4 8
    021 – 9 7 9 6 0 4 1 4
    Email : top_oke90@yahoo.co.id

    [reply this comment]

  41. mang agus Says:

    hy smuanya saya biasa mengolah limbah electronic dan batuan apapun jenisnya dgn Aqua Regia bagi yg mo sharing hub sy di 08567368179 terimakasih

    [reply this comment]

  42. dian Says:

    pengolahan emas yang berasal dari batuan atau tanah menurut saya . tanah atau batuan digiling halus sampai jadi tepung , kalau bisa hingga mess 200 . baru si ambil dulu ikuta emas yang ada di batuan dengan cara hidro metalurgi menggunakan asam kuat. cairan di olah dengan elektrowining dan elektrowining untuk diambil konsentrat tembaganya. sisa lumpur pertama tadi diolah dengan sistem sianida sambil diaduk lalu dicampur dengan active carbon. setelah tercampur rata saring hingga carbon tertinggal di saringan tinggal bakar carbonya hingga jadi abu. dan dengan tambahan sedikit borak abu di panaskan dan jadilah emas. dengan sistem ini memungkinkan perolehan emas 2 - 3 kali lipat dari sestem raksa. limbah semua bisa dinetralkan .
    gak percaya?????? datang ke saya aku ajari…..yang mau kerjasama hayo sini gua jabanin..

    [reply this comment]

  43. irwan Says:

    untuk pak Dian. sya tertarik dgn metode anda dalam pengolahan emas. ajarin aku donk… hub aku ya.. 081331771160 saya di surabaya…thx

    [reply this comment]

  44. saepul Says:

    Enter your cJUAL BBM ALTERNATIF RCO ( Rubber Compound Oils ) pengganti MINYAK TANAH, SOLAR. sangat cocok digunakan untuk jenis mesin PEMBAKAR ( BURNER ) dan mesin KETEL UAP atau BOILER yang sebelumnya menggunakan bahan bakar SOLAR, MINYAK TANAH tanpa harus merubah instalasi yang sudah ada misalnya ukuran nozel dan kontrol pembakaran.
    Adapun harga pokok minyak bakar RCO adalah Rp. 3.700,- per liter
    1. Pengiriman / pembelian pertama di bayar CASH.
    2. Pengiriman / pembelian kedua dan seterusnya dibayar 1 minggu setelah barang diterima.
    GRATIS UJI COBA 25 liter dan BERGARANSI
    Informasi lebih lanjut, hubungi :
    SAEPUL ANWAR
    Marketing
    Telp : 0 8 1 3 1 9 9 6 6 3 4 8
    021 – 9 7 9 6 0 4 1 4
    Email : top_oke90@yahoo.co.id
    Web : http://www.bbmalternatifrco.blogspot.com
    omments here…

    [reply this comment]

  45. bahri Says:

    saya pengen tau cara pengolahan batu yang mengandung emas kbetulan saya punya lokasi baru di daerah saya skrang mhon jawabannya mhon hub ke no: 081931017070

    [reply this comment]

  46. abdillah Says:

    Enter your comments here…
    kalo ingin menghubungi bapak IR.NURYADI SALEH dimana?tolong diberitahu alamat atau no hpnya.terimakasih.

    [reply this comment]

  47. bongadha Says:

    saya memiliki batuan yang mengandung emas dengan hasil olah manual dari 15 kg batu diperolah 0,3gr emas. saya memiliki jaw crusser dan tromol serta bahan baku 5,5 ton saat ini butuh bantuan serius.. untuk memaksimalkan hasil dan usaha tersebut. no contak saya: 08126580472. bahan baku dapat tersedia secara kontinue.

    [reply this comment]

  48. andy Says:

    trimakasih pak atas penjelasannya.saya punyan bebatuan dengan kadar mangan masih ckp tinggi.daerah trengglek skrg ini benar2 di ZOOM kadar emasnya.minta nmr telp bapak.

    [reply this comment]

  49. haris Says:

    Salam kenal semuanya …
    Saya punya lokasi di sumatera barat yang sudah dipastikan memiliki kandungan timah dan kemungkinan juga emas.
    Sedang mencari partner kerjasama terkhusus untuk teknis pengolahannya.

    @pak Dian, apakah bapak berminat kerjasama?

    hubungi saya di email: errisj@yahoo.co.id

    [reply this comment]

  50. achmad zamroni Says:

    Yang memerlukan tabung/tong dan segala macam peralatan untuk keperluan proses batu/tanah/lumpur yang mengandung emas sistem sianidasi dengan dana yang ringan dari perbagai ukuran, minimal kapasitas 50 krg Rp. 9 jt, hub No. HP 085213037015, sedia glundung dengan aneka ukuran.

    [reply this comment]

  51. yudhi Says:

    Saya punya lahan tambang CU kadar 24% up dengan ciri2 fisik warna biru tua, lokasi saya di Tasikmalaya selatan dekat dengan pantai selatan . Banyak yang bilang bahwa lahan tersebut juga mengandung AU . Namun sudah dicoba batuan yg mengandung cu itu diproses memakai glundungan/tromol untuk mendapatkan emasnya namun hasilnya nihil. Pertanyaan saya, adakah cara lain untuk menangkap emasnya ? ciri2 fisik seperti apa batuan/tanah yg mengandung AU ? Berapakah harga CU/cooper sekarang per kadar per ton..?? Trims atas informasinya.

    [reply this comment]

Leave a Reply