PEMANFAATAN BIJIH LATERIT UNTUK INDUSTRI BESI BAJA DIVERSIFIKASI PRODUK KAPUR
Feb 17

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengubah cara pengolahan emas skala kecil yang biasanya menggunakan air raksa sebagai media penangkap emas dengan cara melebur langsung konsentrat emas dengan menggunakan batubara sebagai reduktornya.

Contoh konsentrat emas mengandung mangan yang cukup tinggi yakni Au=217,8 g/t, Ag=8219,7 g/t, Mn=18% dan Cu=0,023%.

Setelah proses peleburan menghasilkan produk Au=67,68% dan Ag=40,57% dengan recovery Au=85,40% dan Ag=75,80%.

131 Responses to “PELEBURAN LANGSUNG BIJIH EMAS BERKADAR MANGAN TINGGI”

  1. Ralph Pandelaki Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah tidak ada zat lain yang lebih efektip untuk menangkap emas selain air raksa, Atau apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Sehingga tidak perlu dilakukan pengolahan sampai berulang-ulang.
    Demikian pertanyaan saya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  2. suseno Says:

    untuk mendapatkan alat ini berikut harga dan kegunaannya saya bisa menghubungi kemana

    [reply this comment]

  3. suryanto Says:

    kalau saya punya kadar Au = 2.3 ppm, Ag = 350 ppm Mn = 30%, apakah bisa effektif jika menggunakan alat in, dan apakah layak untuk di produksi. Tks

    [reply this comment]

  4. indra Says:

    kalo sy punya bahan baku emas untuk melebur harus menghubungi siapa? siap bekerjasama

    [reply this comment]

  5. admin Says:

    Pengolahan bijih emas umumnya harus dilakukan secara bertahap, yaitu dari bijih yang baru digali dari tambang dengan kadar sangat rendah sekitar beberapa gram/ton saja masih perlu ditingkatkan menjadi bijih emas berkadar tinggi mencapai kadar diatas sepuluh gram/ton dengan cara pengayaan atau konsentrasi sehingga menjadi layak untuk diekstraksi emasnya secara kimia misalnya dengan metode sianidasi dan lain-lainnya. Terkecuali untuk bijih emas berkadar tinggi atau bijih emas yang secara alami berukuran butir besar, sehingga butirannya dapat dilihat dengan kasat mata atau tanpa mikroskop, bijih jenis ini dengan mudah dapat dipisahkan dengan cara pendulangan/palong berkarpet dan atau dilanjutkan dengan amalgamasi air raksa, sehingga membentuk amalgam emas dan setelah itu cukup melalui penggarangan bisa didapat emas bullion yang mengandung perak.

    Kembali ke bijih emas yang ditambang, terdapat berbagai jenis bijih yang sifat-sifatnya tergantung dari lingkungan keterdapatannya, misalnya emas alluvial terdapat sebagai butiran emas kasar ataupun halus sebagai hasil pelapukan, tranportasi dan pengendapan dari aliran sungai; bijih emas sulfida adalah emas yang terdapat di lingkungan bijih yang mengandung belerang tinggi atau bersama bijih sulfida lainnya seperti sulfida tembaga, sulfida besi, sulfida timah hitam dll; bijih emas manganis adalah emas yang terdapat bersama bijih yang mengandung unsur mangan dst. Oleh karenanya, jalur proses pengolahannya tidak sama bagi masing-masing jenis bijih emas tersebut; ada yang dapat langsung dipisahkan dari mineral pengotor lainnya berdasarkan perbedaan berat jenisnya, ada yang harus digiling halus agar bisa memisahkan bagian mineral yang berkadar emas tinggi dari bagian lainnya yang bersifat mengotori bijih atau ukuran halus itu diperlukan agar kontak dengan bahan pelarut dapat berlangsung efektif, ada pula yang harus dipanggang dahulu karena mengandung unsur logam lain yang mengurangi efektifitas kerja bahan pelarut emas. Untuk bisa memahami penggolongan jenis bijih tersebut, diperlukan kajian mineralogi dan analisis unsur total dari bijih tersebut; sedangkan untuk menguji sifat kelarutannya dapat diawali dengan pengujian standar sianidasi. Hasil pengujian sianidasi tersebut akan mengungkapkan mudah atau sulitnya kelarutan emas dalan larutan sianid, sehingga dapat dilanjutkan dengan pengujian lainnya, misalnya dengan melakukan penambahan reagen dsb. Bijih emas yang terdapat bersama bijih logam lainnya, seperti tembaga, seng, timah hitam dsb, biasanya tidak langsung dilakukan pemisahan terhadap emasnya, tetapi digabungkan dalam konsentrat tembaga, seng, galena dst; jadi emas akan diperoleh setelah proses peleburan masing-masing konsentrat tersebut, yaitu di peleburan bijih tembaga, seng, atau galena tsb.

    Pada saat ini, Tekmira di Kelompok Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral telah mengembangkan berbagai metode pengolahan bijih emas, tujuannya adalah untuk menghasilkan cara-cara pengolahan yang ramah lingkungan, dengan menghindarkan penggunaan air raksa/merkuri yang sangat membahayakan baik pelaku maupun lingkungan yang berada di sekitar penambangannya. Untuk melakukan pengujian bijih emas secara sistematis dan lengkap, dapat menghubungi Laboratorium Metalurgi dengan Bapak Ir. Nuryadi Saleh.

    Salam,
    Pramusanto

    [reply this comment]

  6. Albert Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Dan menurut info yang saya dapat untuk ukuran emas yang dibawah 74 mikron tidak bisa diambil oleh raksa termasuk yang kadar rendah.

    Mohon bantuannya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  7. wahyu Says:

    saya butuh pengolahan emas meski yang masih tradisional…….. sy sudah liat pengolahan emas yang msh memakai ” tromol ” yakni secara tradisional dengan memasukkan pasir yang mengandung emas kedalam drum , terus diputar dgn mesin sampai empat jam, dengan memasukkan air perak. apakah ada cara lain yang lebih baik ?? dimana sy bisa dapat ? trims…..

    [reply this comment]

  8. wahyu Says:

    no hp saya 085245050630……….. apakah ada alat pengolah emas yang lebmih baik dari pakai tromol ????

    [reply this comment]

  9. husin Says:

    Yth Bapak/Ibu,
    Mohon petunjuk pencucian zircon dari asalan kadar rendah 1% Zr,warna kemerahan mengandung banyak pasir,lokasi di palangkaraya.
    Terima kasih atas bantuannya.

    Salam dari,
    Husin

    [reply this comment]

  10. macx Says:

    saya ingin tahu tentang proses pengolahan logam logam tersebut.
    thanks

    [reply this comment]

  11. H. Tadjuddin Noor Says:

    dimana bisa mendapatkan alat tersebut dan kemana harus membawa contoh konsentrat emas mengandung mangan yang cukup tinggi yakni Au=217,8 g/t, Ag=8219,7 g/t, Mn=18% dan Cu=0,023%. mksh seblm atas jawaban Bapak

    [reply this comment]

  12. moh lukman Says:

    saya bisa lebur emas dan berhasil kadar emas 24 karat dari batu emas andesit tapi masih manual tapi proses cepat dan hasil sempurna system yg dipakai proses AVOGADRO bukan dengan cyanide…tdk berbahaya karena dapat dinetralkan d

    [reply this comment]

  13. moh lukman Says:

    saya bisa lebur emas dan berhasil kadar emas 24 karat dari batu emas andesit tapi masih manual tapi proses cepat dan hasil sempurna system yg dipakai proses AVOGADRO bukan dengan cyanide…tdk berbahaya karena dapat dinetralkan dgn H2O cuma kendala saya bahan baku tidak ada karena sulit untuk mendapatkan bahan baku. saya bersedia untuk bekerjasama jika ada yang punya bahan baku baik dari batu CINABAR/ANDESIT/PIRIT/ORE GOLD baikdari batu irja, jawa barat,sulteng,aceh,kaltim dll yang mengandung AU(aurum) maupun Perak.hubungi saya di 021-97886940 akau email ke : k_zeincomp@cbn.net.id/mlukmanskom@yahoo.com atau comentar ke http://www.mlukmanskom.socialgo.com saya tunggu keseriusannya.

    [reply this comment]

  14. didy Says:

    pak saya memproses emas tapi masih ada timahnya bagaimana caranya . trim

    [reply this comment]

  15. Ridwan Says:

    untuk mendapatkan alat pelebur emas ini berikut harga dan kegunaannya saya bisa menghubungi kemana, saya banyak contoh batu yang mengadung emas, karena sudah di buktikan dan memang emas.

    hanya saya ingin mengolahnya sendiri…bagaimana cara dan adakah alat nya serta dimana dan berapa harga yang diperlukan untuk mendapatkan alat tersebut.

    [reply this comment]

  16. harry Says:

    saya menemukan batu keras yang dipermukaan dan dalamnya terdapat butiran kecil berwarna putih keemasan batu itu sata dapatkn di gunung bebatuan saya tidak tahu itu jenis apa.ada nga ya bs bantu saya untk mengetahui jenis batu apa dan bagaimana penggolahannya seandainya batu itu berharga.saya bersedia untuk bekerja sama seandainya itu berharga.thanks

    [reply this comment]

  17. Anthonyswan Says:

    Di daerah saya, Sumatera Barat. Negari Palangki, Muaro Sijunjung, Manggani,dan Tanjung emas, terkenal punya sumber emas yang lumayan. Hampir setiap minggu penambang emas tradisional menjual emas hasil pengolahan emasnya dengan muttu yang lumayan.

    Sumber emas yang di tambang mulai dari Batu Pasir, dalam sungai, ataupun batu-batuan aluvial. meliputi batu manggaan, batu timah hitam, batu tembaga, dan bahkan tanah lempung yang masih mengandung emas! mulai kadar rendah, sampai pada butiran emas yang berbentuk biji cabe!

    Pada umumnya masyarakat menambang secara tradisional, dengan menggunakan sedotan pompa, dan memprosesnya memaka air raksa yang kemudian di garang dan dibersihkan dengan H2O. Dan kadang kala harus menggunakan dulu Ball Mil atau pun Stone Cruiser berskala kecil untuk mendapatkan batu emas dimaksud.

    Penggunaan air raksa, meskipun sudah di larang, namun pada kenyataannya masyarakat masih bisa mendapoatkannya secara sembunyi-sembunyi, dan itu jelas mengandung resiko untuk kesehatan mereka.

    Kebetulan saja saya masih mempunyai 12 bual Ball Mill untuk batu emas dengan motor penggerak mesin Nishubishi 24 Pk. yang sekarang tidak lagi di fungsikan. Maka melihat proto type mesin pengolahan emas ini, saya tertarik untuk mendapatkan input lebih banyak, mengenai harga, dan spesifikasinya secara detail. Apakah mesin ini mampu memperoses batuan emas di daerah kami lebih effektif, aman, dan terutara tidak melanggar aturan yang ada. Tks.

    [reply this comment]

  18. Aldo Says:

    Salam kenal pak…

    saya pengen tau tentang konsentrat emas itu berupa apa dan bewarna apa…
    apakah semua logam yang mengandung emas itu pasti mengandung perak…

    ……TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA…….

    [reply this comment]

  19. Asep Says:

    Daerah asal saya dari garut selatan tepatnya bungbulang, orang tua bilang wilayah ini disebut KANDANG WESI. Tempat tinggal saya sekelilingnya gunung-gunung yang penuh bebatuan dan cadas kering dan gersang katanya gunung batu tsb kaya bahan mineral seperti bahan besi, tembaga, mangan, emas. Bahkan ada seseorang yang mengemas beberapa karung bebatuan yang diyakininya mengandung urat emas, namun mendapat teguran dan ancaman dari pengelola lahan/pihak perkebunan. Tolong minta penjelasan tentang ciri-ciri dan tanda batu yang mengandung unsur besi, tembaga, emas, dan dimana lab yang bisa menguji kandungan tersebut, terimakasih.

    [reply this comment]

  20. aca Says:

    saya butuh informasi lebih lanjut karena saya punya kelompok pendulang emas tradisional

    [reply this comment]

  21. Made Says:

    sayaorangdesA, menemui /tanah yangadabutiran,kuningsepertipassiratobijiberas-
    sayagatauitiapa!sayadikarangasem/bali

    [reply this comment]

  22. Andre Says:

    Bagaimana proses pemurnian perak ? Apakah sama dengan proses pemurnian emas dan bagaimana masing-masing cara pemurniannya ? Terima kasih.

    [reply this comment]

  23. yosua wyanto Says:

    salam kenal bapak2 sekalian,saya impotir karbon aktif untuk pertambangan emas. mungkin karbon aktif saya bisa menjadi bahan petimbangan bapak2 sekalian. karbon aktif yang saya miliki ini salah satu karbon aktif terbaik karena kemampuannya untuk menangkap emas secara maksimal.keterangan karbon aktif:
    1. asal : davao, filipina
    2.kemasan:karungan 25 kg
    3.harga:jika tertarik dapat menghubungi saya

    tlp saya 0818-08510-250
    email yosua_wyanto@yahoo.com

    ket: karbon aktif saya ini sudah teruji di lapangan dan hasilnya sangat memuaskan

    [reply this comment]

  24. andry Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah tidak ada zat lain yang lebih efektip untuk menangkap emas selain air raksa, Atau apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Sehingga tidak perlu dilakukan pengolahan sampai berulang-ulang.
    Demikian pertanyaan saya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  25. wijaya Says:

    saya mohon dapat di beri petunjuk untuk teknis dan ukuran pada proses sianidasi serta design alat pendukungnya,sampai menjadi boulion untuk setiap 1 kali proses100 kg tailing.dengan kandungan emas halus.
    terimakasih wijaya

    [reply this comment]

  26. nicks Says:

    tolong di jawab pertanyaan nya aldo tertanggal 5 september….!!!
    Biar kami puas,,pertanyaannya bagus tuh,Biar teman2 juga tau..!!
    terimakasih…

    [reply this comment]

  27. Didi Says:

    saya mohon dapat diberi petunjuk cara pengolahan emas dengan menggunakan tailing pada proses sianidasi mulai dari bahan pendukung dan waktu pengolahan

    [reply this comment]

  28. taqwim zulhadi Says:

    ada yg tertarik ke lombok gak ??? booming emas disini

    [reply this comment]

  29. Oris Says:

    Saya pernah olah batu pirit sebanyak 50 kg, butiran mengkilat/logam seberat 1 kg. 90% kandungan logam. Batu pirit ini saya ambil dari bongkahan hasil tambang batu bara, dikumpul hari demi hari.
    Saya mengolahnya dengan memakai asam nitrat+asam klorida.
    Tetapi hasilnya nihil karena saya ga tau caranya untuk memisahkan kemungkinan adanya kandungan emas dari cairan tsb.
    Bagaimana cara memisahkannya ya..?
    Salam…

    [reply this comment]

  30. haruman Says:

    dijual pasir mengandung au sebanyak 50 ton siap tepat siapa dapat via sms 081312705000 harga 2000/kg nego

    [reply this comment]

  31. Ucok Says:

    Sy punya bahan baku emas paling banyak brupa emas alluvial tp sy tdk tau dmana d jual sianida dan karbon aktif n brp harganya? Kalo ada yg ingin kerja sama hub. 081341434401..

    [reply this comment]

  32. iyan Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah tidak ada zat lain yang lebih efektip untuk menangkap emas selain air raksa, Atau apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Sehingga tidak perlu dilakukan pengolahan sampai berulang-ulang.
    Demikian pertanyaan saya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  33. iyan Says:

    saya punya lokasi tambang emas masalah yang saya hadapi dalam proses pengolahan semua emas tidak tertangkap oleh air raksa.

    [reply this comment]

  34. kusyedi Says:

    saya mau tanya, bagaimana caranya untuk mengetahui bijih tembaga pada tanah..dengan akat bantu yang paling sederhana…

    [reply this comment]

  35. Rustianto Says:

    Utk Pak Oris,

    Saya tertarik dengan batu pirit yang pernah bapak test, apakah bisa kontak untuk detail lebih lanjut ?
    Kami sedang testing mengolah batu Pirit warna kuning untuk mendapatkan emasnya, dan kami mengetahui
    cara prosesnya.

    Saya bisa di hubungi di 0818-767200.

    Saya tunggu.

    [reply this comment]

  36. Anton Says:

    Saya mau tanya apa bisa batu tembaga (setelah digiling halus) langsung dilebur dalam api yang panas, tanpa harus melakukan proses asam sulfat (dalam bentuk konsentrat) ? bagaimana caranya peleburan batu tembaga tersebut ?

    Terima kasih atas pencerahannya.
    salam

    [reply this comment]

  37. Noor Satrio Says:

    Kami menjual karbon aktif khusus tambang emas merk Haycarb-Srilanka dengan mesh size 4×8, 6×12, berbahan dasar batok kelapa. Mutu sudah teruji banyak dipakai pada tambang emas di Indonesia.
    Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di 031-70011029 atau 031-70011020.

    Terima kasih.

    [reply this comment]

  38. tekoen Says:

    Pak bagaimana cara mendapat kadar tinggi dalam mengolah lumpur emas karna pengolahan lumpu dengan tong emas yang saya dapat kadarnya 5% rata.Terimakasih

    [reply this comment]

  39. bonk adha Says:

    saya punya pengolahan emas dan ladang yang telah dibuktikan secara tradisional dan lab. saat ini saya kehabisan modal,, kiranya ada yang mau kerja sama.. hubungi saya di Email.cv.bongadha@yahoo.com

    [reply this comment]

  40. saepul Says:

    JUAL BBM ALTERNATIF RCO ( Rubber Compound Oils ). sangat cocok digunakan untuk jenis mesin PEMBAKAR ( BURNER ) dan mesin KETEL UAP atau BOILER yang sebelumnya menggunakan bahan bakar solar, minyak tanah,residu, tanpa harus merubah instalasi yang sudah ada misalnya ukuran nozel dan kontrol pembakaran.
    Adapun harga pokok minyak bakar RCO adalah Rp. 3.700,- per liter
    1. Pengiriman / pembelian pertama di bayar CASH.
    2. Pengiriman / pembelian kedua dan seterusnya dibayar 1 minggu setelah barang diterima.
    GRATIS UJI COBA 25 liter dan BERGARANSI
    Informasi lebih lanjut, hubungi :
    SAEPUL ANWAR
    Marketing
    Telp : 0 8 1 3 1 9 9 6 6 3 4 8
    021 – 9 7 9 6 0 4 1 4
    Email : top_oke90@yahoo.co.id

    [reply this comment]

  41. mang agus Says:

    hy smuanya saya biasa mengolah limbah electronic dan batuan apapun jenisnya dgn Aqua Regia bagi yg mo sharing hub sy di 08567368179 terimakasih

    [reply this comment]

  42. dian Says:

    pengolahan emas yang berasal dari batuan atau tanah menurut saya . tanah atau batuan digiling halus sampai jadi tepung , kalau bisa hingga mess 200 . baru si ambil dulu ikuta emas yang ada di batuan dengan cara hidro metalurgi menggunakan asam kuat. cairan di olah dengan elektrowining dan elektrowining untuk diambil konsentrat tembaganya. sisa lumpur pertama tadi diolah dengan sistem sianida sambil diaduk lalu dicampur dengan active carbon. setelah tercampur rata saring hingga carbon tertinggal di saringan tinggal bakar carbonya hingga jadi abu. dan dengan tambahan sedikit borak abu di panaskan dan jadilah emas. dengan sistem ini memungkinkan perolehan emas 2 - 3 kali lipat dari sestem raksa. limbah semua bisa dinetralkan .
    gak percaya?????? datang ke saya aku ajari…..yang mau kerjasama hayo sini gua jabanin..

    [reply this comment]

  43. irwan Says:

    untuk pak Dian. sya tertarik dgn metode anda dalam pengolahan emas. ajarin aku donk… hub aku ya.. 081331771160 saya di surabaya…thx

    [reply this comment]

  44. intan Says:

    salam kenal pak Dian..
    Saya tertarik dengan tawaran anda u bisa belajar mendulang emas.
    karena saya masih buta sama sekali dlm hal tersebut.
    jika masih ada peluang, saya ingin bergabung.
    hub saya di 71959970
    terima kasih…

    [reply this comment]

  45. intan Says:

    Posisi saya di surabaya pak.
    031-719 599 70

    [reply this comment]

  46. pri ono Says:

    mari kita proses emas bersama sama….untuk bahan baku emas…buanyak . . . .

    [reply this comment]

  47. agus.s Says:

    saya sudah berpengalaman untuk eksploitasi emas placer/aluvial..!, peralatanya mudah dijumpai di pasaran lokal,murah dan praktis. langsung menghasilkan hari itu juga saat menambang. volume hasil perhari tergantung deposite emas placer yg ada dilokasi itu, bagi yg hobi berpetualang dalam bisnis.!, silahkan menghubungi kami untuk bekerjasama di Hp.No : 081315099155/ “On line 24 jam”…!

    [reply this comment]

  48. saepul Says:

    Enter your cJUAL BBM ALTERNATIF RCO ( Rubber Compound Oils ) pengganti MINYAK TANAH, SOLAR. sangat cocok digunakan untuk jenis mesin PEMBAKAR ( BURNER ) dan mesin KETEL UAP atau BOILER yang sebelumnya menggunakan bahan bakar SOLAR, MINYAK TANAH tanpa harus merubah instalasi yang sudah ada misalnya ukuran nozel dan kontrol pembakaran.
    Adapun harga pokok minyak bakar RCO adalah Rp. 3.700,- per liter
    1. Pengiriman / pembelian pertama di bayar CASH.
    2. Pengiriman / pembelian kedua dan seterusnya dibayar 1 minggu setelah barang diterima.
    GRATIS UJI COBA 25 liter dan BERGARANSI
    Informasi lebih lanjut, hubungi :
    SAEPUL ANWAR
    Marketing
    Telp : 0 8 1 3 1 9 9 6 6 3 4 8
    021 – 9 7 9 6 0 4 1 4
    Email : top_oke90@yahoo.co.id
    Web : http://www.bbmalternatifrco.blogspot.com
    omments here…

    [reply this comment]

  49. bahri Says:

    saya pengen tau cara pengolahan batu yang mengandung emas kbetulan saya punya lokasi baru di daerah saya skrang mhon jawabannya mhon hub ke no: 081931017070

    [reply this comment]

  50. abdillah Says:

    Enter your comments here…
    kalo ingin menghubungi bapak IR.NURYADI SALEH dimana?tolong diberitahu alamat atau no hpnya.terimakasih.

    [reply this comment]

  51. bongadha Says:

    saya memiliki batuan yang mengandung emas dengan hasil olah manual dari 15 kg batu diperolah 0,3gr emas. saya memiliki jaw crusser dan tromol serta bahan baku 5,5 ton saat ini butuh bantuan serius.. untuk memaksimalkan hasil dan usaha tersebut. no contak saya: 08126580472. bahan baku dapat tersedia secara kontinue.

    [reply this comment]

  52. andy Says:

    trimakasih pak atas penjelasannya.saya punyan bebatuan dengan kadar mangan masih ckp tinggi.daerah trengglek skrg ini benar2 di ZOOM kadar emasnya.minta nmr telp bapak.

    [reply this comment]

  53. bejo Says:

    admin kemana ne….menghilang…..utk sdr intan…sy tertarik untu kerjasamanya…kontak sy….081802251872

    [reply this comment]

  54. bejo Says:

    waduh….salah ketik nama ne….maksudnya utk sdr dian…..diralat

    [reply this comment]

  55. kang ade ambon Says:

    mang agus ini emailku saputrakarna@yahoo.com

    [reply this comment]

  56. haris Says:

    Salam kenal semuanya …
    Saya punya lokasi di sumatera barat yang sudah dipastikan memiliki kandungan timah dan kemungkinan juga emas.
    Sedang mencari partner kerjasama terkhusus untuk teknis pengolahannya.

    @pak Dian, apakah bapak berminat kerjasama?

    hubungi saya di email: errisj@yahoo.co.id

    [reply this comment]

  57. achmad zamroni Says:

    Yang memerlukan tabung/tong dan segala macam peralatan untuk keperluan proses batu/tanah/lumpur yang mengandung emas sistem sianidasi dengan dana yang ringan dari perbagai ukuran, minimal kapasitas 50 krg Rp. 9 jt, hub No. HP 085213037015, sedia glundung dengan aneka ukuran.

    [reply this comment]

  58. yudhi Says:

    Saya punya lahan tambang CU kadar 24% up dengan ciri2 fisik warna biru tua, lokasi saya di Tasikmalaya selatan dekat dengan pantai selatan . Banyak yang bilang bahwa lahan tersebut juga mengandung AU . Namun sudah dicoba batuan yg mengandung cu itu diproses memakai glundungan/tromol untuk mendapatkan emasnya namun hasilnya nihil. Pertanyaan saya, adakah cara lain untuk menangkap emasnya ? ciri2 fisik seperti apa batuan/tanah yg mengandung AU ? Berapakah harga CU/cooper sekarang per kadar per ton..?? Trims atas informasinya.

    [reply this comment]

  59. fikar Says:

    untuk P Dian, masih ada peluang ga untuk belajar mengolah emas dengan sistem yang bapak tawarkan. kayaknya menarik………..

    posisi saya di garut. 085 220 104 525

    [reply this comment]

  60. wahyu Says:

    saya punya beberapa lokasi tambang emas di pasuruan,butuh rekan untuk kerja sama 081937136212

    [reply this comment]

  61. subur Says:

    Enter your comments here…
    saya subur dari bogor,selama 1 thn saya punya pengololahan sendiri,tapi penghasilan saya sangat dikit.maka dari itu saya ingin tau bahan-bahan dasar apa saja yang diperlukan untuk membuat emas, agar pendapatan saya lumayan ya pak?karena saya ingin memiliki pengelolahan saya maju pak?tolong kasih tau saya ya pak?terimakasih ya pak?

    [reply this comment]

  62. subur sto Says:

    kalau pingin tau cara pengolahan melalui “tromol” sianida”peleburun dll hubungi saya disumedang jawa barat.081220017111.

    [reply this comment]

  63. adi Says:

    Enter your comments here…salam kenal semua. saya udah bisa mengekstrak emas tapi ngk tau cara untk membuat emas itu keras dan bisa dijual di toko emas. mohon bantuannya. thank seblumnya

    [reply this comment]

  64. nadzar Says:

    salam kenal….saya nazar di aceh kebetulan tempat saya tinggal skarang banyak yg lagi mengolah emas secara tradisional dengan menggunakan glondong dan air raksa tetapi bahan mineral lain tidak terserap dan saya melihat didalam bebatuan tersebut masih banyak mengandung bahan mineral lainnya ada ngak alat yang bisa menggiling emas, perak,timah dll. dalam sekali prases dan dengan cepat prasesnya. dan saya mencari orang yang mau bekerja sama..tetapi batu penggunungan.dan tidak untuk perusaan skala besar..nadzar_momo@yahoo.com

    [reply this comment]

  65. hamid Says:

    saya baru lihat2 banyak lahan mas, tertarik untuk olah mas, jika ada ingin bantu kerjasama ,saya ada modal , tapi tidak besar, bisa kita bicara, berlandaskan sama2 untung, dan secara fair, jujur.ingin maju. bisa kontak ke email saya. godjalipit@yahoo.co.id

    [reply this comment]

  66. Rizal Says:

    Ass.
    Salam kenal Pak Dian..!
    kalo boleh tau minta no.hp pak dian saya pengen belajar pengolahan emasnya.

    [reply this comment]

  67. yosua wyanto Says:

    klo bapak-bapak ada yang butuh karbon aktif, saya bisa suplay untuk kebutuhan karbon aktif bapak dan continue. klo ada yang minat ini spek karbon aktif saya:
    asal : davao, Filipina
    berat : 25 Kg / karung
    iodin : 1000 up
    Harga : silakan tlp atau email saya
    Ket : bukan karbon aktif oplosan karena import sendiri langsung dari supplier di davao, kami bisa memenuhi kebutuhan karbon aktif anda secara rutin.

    Tlp : 021-44777007
    Email : Yosua_wyanto@yahoo.com / Yosua.wyanto@gmail.com

    [reply this comment]

  68. nadzar Says:

    salam kenal…ada ngak buku panduan dan contoh-contoh batu yang mengandung emas…di tempat saya tinggal cukup banyak batu gunung yg saat ini diolah dengan secara tradisional/ glondongan untuk pencari emas dan hasilnya memuaskan..tetapi saya masih awam dengan batu tersebut…dan saya yakin selain emas ada juga miniral lainnya..ada ngak alat yang bisa mengolah emas,timah,platina,,saya mohon sama bapak mau membatu saya.jika ada buku tersebut mohon sms saya…ke no hp. 081269579707..atas bantuannya saya ucapakan terima kasih..dan mencari yang mau membantu modal dalam pengolahan emas secara tradisional…saya nadzar di aceh…

    [reply this comment]

  69. anta Says:

    salam saudara saudara…!!!
    saya punya tanah beberapa ha disebuah lokasi yang sudah diteliti dilingkungan yang mengandung endapan emas sebesar 1000 matrik ton yang artinya saya sendiri tidak tahu.. bisa saya diberi penjelasan mengenai hal tersebut?? trus bagaimana caranya melakukan penambangan agar tidak menjadi tambang ilekal bersangkutan dengan perijinanya trimakasih no hp saya 081328326789..

    [reply this comment]

  70. sadjie Says:

    saya mau tanya tentang apa saja dampak dari tambang tersebut,?
    dan apakah masih bisa galian bekas tambang air dan limbahnya di gunakan layaknya air sungai /air sumur,untuk keperluan sehari hari.?
    dan untuk menghasilkan 1gram emas butuh berapa liter air…?
    mohon keterangannya .terimakasih

    [reply this comment]

  71. Abdul Says:

    mas dian,
    salam kenal dari sy, sy berminat mau belajar dari awal sampai akhir tentang peleburan emas, email sy abdoelchalid@gmail.com.
    thxs.

    [reply this comment]

  72. hendra Says:

    bahan apa aja yang di perlukan tuk belebur barang elektronik tuk jadi emas

    [reply this comment]

  73. vina Says:

    untuk om dian aku mau gabung dong, klo boleh kabarin ke jesslyn_av@yahoo.co.id !

    [reply this comment]

  74. vina Says:

    apakah batu pirit itu sama dengan batu emas ? gimana cara ngolahnya ?

    [reply this comment]

  75. Malik Emil Says:

    saya punya batu yg blum sy kelola karena tdk ada alat. apakah ada yg mau kerjasama hubungi sy di 081237509905. sekali lagi sy butuh dengn secepatnya.

    [reply this comment]

  76. Malik Emil Says:

    Pak Dian.. sy pingin kerjasama dengn bapak. tolong hubgi saya di 081237509905

    [reply this comment]

  77. Malik Emil Says:

    Pak Dian.. sy pingin kerjasama dengn bapak. tolong hubgi saya di 081237509905. emilmalik@ymail.com

    [reply this comment]

  78. Malik Says:

    pak dian,, apakah bapak mau krjsama,,?? kalo bapak bersedia ini nomr hp saya 081237509905

    [reply this comment]

  79. doef Says:

    PROSES PENGOLAHAN EMAS DENGAN SISTEM PERENDAMAN

    BAHAN
    Ore/ bijih emas yang sudah dihaluskan dengan mesh + 200 = 30 ton

    FORMULA KIMIA
    1. NaCn = 45 kg
    2. H2O2 = 5 liter
    3. NaOH/ caustic soda = 5 kg
    4. Ag NO3 =100 gram
    5. Epoxy = 1 liter
    6. Lead Acetate = 0.25 liter (cair)/ 1 ons (serbuk)
    7. Zinc foil = 15 kg
    8. H2O (air) = 20.000 liter

    PROSES PERENDAMAN
    • Perlakuan di Bak I (Bak Kimia)
    1. NaCn dilarutkan dalam H2O (air) ukur pada PH 7
    2. Tambahkan caustic soda (+ 3 kg) untuk mendapatkan PH 11-12
    3. Tambahkan H2O2, Ag NO3, Epoxy diaduk hingga larut, dijaga pada PH 11-12
    • Perlakuan di Bak II (Bak Lumpur)
    1. Ore/ bijih emas yang sudah dihaluskan dengan mesh + 200 = 30 ton dimasukkan ke dalam bak
    2. Larutan kimia dari Bak I disedot dengan pompa dan ditumpahkan/ dimasukkan ke Bak II untuk merendam lumpur ore selama 48 jam
    3. Setelah itu, air/ larutan diturunkan seluruhnya ke Bak I dan diamkan selama 24 jam, dijaga pada PH 11-12. Apabila PH kurang untuk menaikkannya ditambah costic soda secukupnya
    4. Dipompa lagi ke Bak II, diamkan selama 2 jam lalu disirkulasi ke Bak I dengan melalui Bak Penyadapan/ Penangkapan yang diisi dengan Zinc foil untuk mengendapkan logam Au dan Ag (emas dan perak) dari larutan air kaya
    5. Lakukan sirkulasi larutan/ air kaya sampai Zinc foil hancur seperti pasir selama 5 – 10 hari
    6. Zinc foil koil yang sudah hancur kemudian diangkat dan dimasukkan ke dalam wadah untuk diperas dengan kain famatex
    7. Untuk membersihkan hasil filtrasi dari zinc foil atau kotoran lain gunakan H2SO4 dan air panas
    8. Setelah itu bakar filtrasi untuk mendapatkan bullion

    [reply this comment]

  80. doef Says:

    yang ingin tahu lebih dalam bisa hubungi saya di galsek@ymail.com

    [reply this comment]

  81. Rudy Says:

    buat pak Dian

    Salam kenal, saya tertarik dengan cara bapak mengolah Emas yang menghasilkan lebih banyak, boleh nggak ajarin kita-kita di sini.

    Rudy
    Sumbawa, email; inovatif2010@yahoo.com

    [reply this comment]

  82. Rudy Says:

    buat pak josua wyanto

    salam kenal pak, saya belum punya pengalaman tentang pengolahan mas dengan menggunakan karbon, selama ini kami hanya tau dengan menggunakan air raksa, mohon bantuannya untuk memberikan penjelasan tentang cara tersebut. trims atas bantuannya. penjelasan bapak sangat kami butuhkan dan tidak tertutup kemungkinan kita akan jalin kerjasamanya untuk pengadaan karbonnya.

    [reply this comment]

  83. Budiman Says:

    Untuk pa Dian… bisa hubungi saya di 0816603107… bisa saya ketemu bapak atau menghubungi bapak? saya minat untuk belajar mengolah emas… todak terttutup kemungkinan untuk kerjasama..

    [reply this comment]

  84. sauki Says:

    saya punya batu yang kayaknya punya kadar emas tinggi, bagaimana cara mngola batu tersebut dan apa aja yang harus di siapkan?

    [reply this comment]

  85. andika Says:

    salam kenal pak..

    saya punya beberapa lokasi tambang emas di aceh selatan, saya sangat butuh rekan untuk kerja sama 085227621707. Terimakasih sebelumnya.

    [reply this comment]

  86. Alan Says:

    Kang dian saya tertarik dengan metode anda dan ingin mengetahui lebih jelas. hub. saya di no 081324242404 . trim’s

    [reply this comment]

  87. Abu noval Says:

    salam kenal, bagaimanakah cara kita mengetahui batu yang mengandung emas baik dari warna batu,kekerasan batu atau yang lainya? adakah cara manual yang paling sederhana atau bisa di lihat dengan kasat mata? tlg segera jawabannya dari teman-teman yang tahu, trmksh

    [reply this comment]

  88. sudarta Says:

    saya mau tanya, bagaimana cara melebur emas tapi berbentuk geluntungan batu…bisa dilihat ada emasnya…terimakasih

    [reply this comment]

  89. sudarta Says:

    emas nya masih bercampur dengan batu….cara meleburnya gmn?…terimakasih

    [reply this comment]

  90. gun gun gunawan Says:

    saya butuh bantuan orang yg bisa dan ahli dibid pertambangan emas saya punya lokasi yg sudah diteliti benar mengandung emas! tolong kontak di Email :otong_z212@yahoo.com posisi saya di bdg trimakasih

    [reply this comment]

  91. hamid Says:

    Pak: Dian yth:
    saya tertarik untuk belajar cara olah emas dengan sianida atau lainnya.
    apakah masih ada peluang untuk saya belajar dengan bapak, cara2nya tersebut? biaya berapa? dan lokasi bapak dimana?
    saya tunggu email bapak, terima kasih.
    Hamid Hp: 081210099331

    [reply this comment]

  92. anchest Says:

    pak bagaiman cara mengelola emas abu yg baik dan benar???

    [reply this comment]

  93. ivandy Says:

    Mas yosua wyanto,sy mau tanya cara memisahkan biji emas dari batunya dengan Karbon aktif itu gmn?
    sy pingen pesen tuch barang tp gmn cara pakenya?

    [reply this comment]

  94. ivandy Says:

    Mas Yosua_wyanto,kontak sy : 081234454814..kLo mau bantu toLong via sms aja biar enk sy simpan caranya..
    e-mail: ivanchink@yahoo.com
    FB: ivanchink@yahoo.com

    [reply this comment]

  95. joe Says:

    saya punya tambang tradisional di sumbawa, tepatnya di desa hijrah- lopok, dg kedalaman penggalian 12 meter, sudah diolah dg mesin glondongan tradisional dan raksa. dlm stiap karung 10 kg, rata2 menghasilkan 5 gr emas 24k, memerlukan rekan yg mempunyai mesin bor krna slama ini hnya bermodalkan linggis.kerjasama berupa bagi hasil 50 -50 bagi yang serius email saya segera di, cupidcalm@yahoo.com

    [reply this comment]

  96. sadad Says:

    untuk saudara dian saya mau bekerja sama no HP Saya 081917617176

    [reply this comment]

  97. awite Says:

    Permisi belum ada yang membahas cara mengolah emas dalam bahan2 bekas elecktronika y.? Trims

    [reply this comment]

  98. jasrizal Says:

    Saya diajak teman untuk buka tambang emas rakyat di daerah sijunjung, sumatera barat. Mohon informasi tentang penambangan emas yang tidak merusak lingkungan, dan peralatan apa saja yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

    [reply this comment]

  99. ian Says:

    salam kenel..kami punya mineral berupa batuan emas yang jadi kendala bagi kami blum mengetahui proses yang cepat untuk menghasilkan emas berkadar tinggi. kami telah mencoba dengan sistem tromol menggunakan air raksa tetapi hasilnya nihil mohon bantuan jika memungkinkan dapat bekerja sama trims. contac person 081354252252 / 085756507009

    [reply this comment]

  100. make money from home Says:

    Makasih Bos. infonya !!!. Blognya keren

    [reply this comment]

  101. ario Says:

    Untuk pak Yudhi tasik bisa kami tau lokasi bapak CU bapak di tasik selatan kemana kami bisa hub bapak
    Mohon email alamat dan data lengkap nya
    ario.cassava@yahoo.co.id
    Trims
    ario

    [reply this comment]

  102. Amy Says:

    Saya pernah melihat cara pengolahan emas tradisional dengan air raksa yang limbahnya masih bisa diolah lagi. Itu berarti pada waktu proses awal pengolahan tidak semua emas bisa tertangkap oleh air raksa. Yang menjadi pertanyaan saya apakah tidak ada zat lain yang lebih efektip untuk menangkap emas selain air raksa, Atau apakah ada zat lain yang bila ditambahkan bisa menangkap lebih banyak zat emas. Sehingga tidak perlu dilakukan pengolahan sampai berulang-ulang.
    Demikian pertanyaan saya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    [reply this comment]

  103. syukur siregar Says:

    salam,, saya regar dari madina ingin membuka tambang emas secara tradisional. lokasi tambang berada di perbukitan yg mengandung batuan emas.. saya ingin mendapatkan informasi yang lengkap tentang beberapa hasil penelitian yg ingin saya terapkan yaitu :
    Teknologi pengolahan emas cara gravitasi
    • Teknologi proses pemurnian timah cara electrorefining
    • Teknologi pemanfaatan antrasit sebagai reduktor peleburan timah
    • Teknologi pencucian bijih mangan
    • Teknologi upgrading bijih galena dan peleburannya
    • Sistem Penambangan Emas dengan Lebar Urat < 2 cm Menggunakan Metode Underhand Stull Stoping.
    • Pengolahan Emas Ramah Lingkungan Cara Gravitasi (mineral berat yang terkandung dapat diekstraksi melalui proses flotasi).
    • Proses Pemurnian Timah cara Electrorefining (kadar mencapai 99.99%).
    • Pemanfaatan Antrasit Sebagai Reduktor Peleburan Timah.
    • Pencucian Bijih Mangan.
    • Peningkatan Kadar Bijih Galena dan Peleburannya.
    sebelumnya saya mengucappkan terima kasih, semoga dapat bermanfaat bagi kami warga masyarakat sekitar lokasi tambang..

    [reply this comment]

  104. liem suryadi putra Says:

    berapa harga alat itu
    bisa d pesan gak?

    [reply this comment]

  105. saya balong Says:

    Ada yg mau kerja sama di sumbawa
    besar, nusa tenggara barat gak?
    Sudah terbukti kandungan emas 24 karat,
    Sy ada Bahan baku banyak bgt brapa ton
    aja ada,
    Sy tggu segera di 081916872372. disini
    Hanya Menggunakan glundung penghancur
    Batu dan air raksa,
    Ada yg lebih mantab gak?

    [reply this comment]

  106. la baong Says:

    saya di daerah NTB….
    saya punya bahan baku emas yg kandungannya banyak sekali, sekali gelondong bs ampe 15 gram, emas 23 karat, cman banyak yg bilang kalo sistem glondong itu kurang efektif.. ada yg mo kerjasama g, nutuk bantu mengolah denagn cara lain yg lebih efesian dan akurat,
    oh ya.. saya jg punya stok lumpur dan pasir bekas gelondong…

    [reply this comment]

  107. la baong Says:

    oh ya hubungi sya di 081-917660829

    [reply this comment]

  108. trisnoprayogi Says:

    dengan hormat,,saya punya pasir sungai yg saya ambil dari kalimantan dimana di ensiklopedia disebutkan sebagai penghasil platinum selain di bengkalis sumatra.pasir sungai tersebut bewarna kekuningan dengan kandungan pasir berwarna kuning logam seperti emas dan yg saya penasaran adalah adanya butiran spt logam putih keperakan yg melawan cahaya seperti platinum,,dlm bentuk raw material sudah bisa terlihat warna putih keperakan spt logam dan ketika sudah saya coba pisahkan dng aqua regia tetap aja unsur putih keperakan tsb,,bahkan terlihat lebih banyak.ketika saya coba pembakaran dng kompor biasa pasir tsb menggulung menjadi butiran2 tidak terlalu keras sebesar lebih kecil dari kelereng dan berubah warna dari kuning kecoklat,kemerahan dan menjadi spt batu bata.butiran mikron spt logam keperakan masuk ke bulir2 gulungan batu tsb..saya mohon bantuan info mengenai hal tsb.sudah saya coba lab kan di sucofindo tapi kt pegawainya butuh waktu 2 bulan untuk tau hasilnya,,terima kasih atas bantuanya.

    [reply this comment]

  109. hasan masysyath Says:

    hai…. sy mau minta tlg.. sy dari pulau sumbawa, saya ingin mengadakan kerjasama dalam pengolhan batu emas, yg tertarik silakan menghubungi saya 087863554988.. pulau sumbawa lgi demam mas.. sy juga pingin tahu cara pengolahan yg memuaskan. trims

    [reply this comment]

  110. aef Says:

    kepada rekan2 yg memiliki cara yg lebih efektif untuk pengolahan emas tolong dibagi-bagi ilmunya dong..karena smua gunung yang ada disumbawa banyak mengandung emas..bisa dibuktikan..kami siap bekerja sama.trims…

    [reply this comment]

  111. mouis Says:

    Bagi rekan-rekan, kami sampaikan bahwa di Aceh selatan saat ini kami mengambil emas dengan cara tradisional/mendulang, hasil mencapai 2,5 gram / 30 Kg tanah/batu, pada kesempatan ini kami butuh alat/bahan yang moderen supaya mencapai hasil yang maksimal, untuk kerja sama hubungi kami 085262778688 - 081377412933 / mmc.mou@gmail.com, kami tunggu keseriusannya.

    [reply this comment]

  112. la mampis Says:

    buat teman2 di sumbawa mari bergabung bersama kami untuk bisa meraih emas yang sistemnya efisien n hasilnya maksimal…
    contact person :

    merdeka…

    [reply this comment]

  113. Bblusay Says:

    Utk oris, larutan emas yg ada dlm cairan tsb dpt diendapkan dgn serbuk zn (zink foil), diaduk smpai rata, endapkan semalam kmd endapannya bakar diataswadah ,sisax emas dan perak
    sy di sbw.

    [reply this comment]

  114. judin Says:

    mas dian : q tertarik dengan metode yang mas simpul kan …….dan punya bebatuan yang menggandung emas bisa hub aq di no ini (085731828693)
    dan bisa bekerja sama …….

    [reply this comment]

  115. judin Says:

    mas indra: gmana apakah kita bisa kerja sama mas …..hub no (085731828693) siap jadi patner kerja…….

    [reply this comment]

  116. hendra Says:

    salam semua,,, saya dari aceh,, saya ingin bekerja sama dalm pengolahan batu mas,,,,,, hubungi saya 085762008932… saya di aceh pak

    [reply this comment]

  117. BADRI Says:

    hi.. kebetulan saya memilikiki tambang batu hijau d daerah sumatra barat, tp saya bingung harus d olah kemana, mohon informasix dan yg berminat saya siap bekerja sama hubungi saya di 085755156831

    [reply this comment]

  118. agus Says:

    salam semua nya ,,,,, saya dari aceh,, saya ingin bertanyan apa kah ada bahan mengetahui emas ,, selain air raksa apa kah ada bahan lain,,, ola nya saya punya lahan 2hktr,,, ato yang mau bekerja sama dengan saya hubungi saya 085762008932,,,,,,

    [reply this comment]

  119. noezoel heru wibowo Says:

    “MOHON MAAF BAGI YG PUNYA ILMU PENGOLAHAN EMAS”.
    Biasanya orang yg punya ilmu “CARA MENGOLAH EMAS” sangat susah untuk membagikan ilmu tersebut secara gratis dan transparan, mereka takut tersaingi kekayaannya atau mungkin punya angan2 ilmu ini mudah meraup uang dan mudah dibisniskan.Padahal angan2 seperti ini sangat keliru,.justru sebaliknya jika anda mau mengamalkan dengan ihlas maka akan mendapatkan lebih dari yg anda kira di dunia dan akhirat,..bagaimana besarnya pahalanya yang tidak pernah putus besok di alam baka jika anda ihlas menyebarkan ilmu tersebut,..berapa ribu dan juta orang tertolong bisa meraup rizky yang lebih baik dikarenakan mendapatkan ilmu tersebut?.Tanpa putus seperti MLM hingga hari kiamat.Ilmu itu diamalkan tidak hanya membaca Alquran dan kitab lain aja, justru mentraining dan mengamalkan cara pengolahan Emas ini malah mengamalkan Alquran sesungguhnya.Jangan pernah takut mengamalkan ilmu kebaikan apa saja, dan Rizky itu sudah di patok, walau anda punya lahan Emas dan pandai mengolahnya.Kita harus bangga jika bangsa kita menjadi kaya makmur merata, daripada i bodoh2in oang luar negri?.Apalagi tambang kita dihabisin mereka.Trimakasih

    [reply this comment]

  120. agus.s Says:

    Salam sejahtera kepada saudara2 ku tambang mania…! Di Papua tepatnya di Wanggar nabire -+ 30 Km dari kota Nabire (mudh dijangkau kendaraan darat), Saya mendpt amanat dri pemegang hak ulayat suku Watte untk mecarikan investr yg minat membuka tambang sekala kecil di Gunung Anjing,wanggar.. dngn systm bagi hasil. hasil emas nya sdh pasti berupa nuget&placer dgn kadar 92- 96% AU, orang kami (3 personil) sdh 1,5 th melakukan penambangan dgn cara sangat tradisional hanya terbatas di pinggiran sungai2 kecil dgn hasil rata-rata 8 gram sehari hingga sekarang.., hari itu kerja hari itu pula mendapatkan hasil..! Kami perkirakan semakin naik kearah atas gunung depositnya semakin banyak krna primernya terdapat di gunung..! itu pernah kami coba,dan terbukti emas nugetnya lebih besar2..,tapi krna keterbatasan alat kerja jga personil dan pompa air kami Yg hanya 5,5 PK tdk mampu menhisap material dri arah lebih atas…! Nah..sobat tambang mania yg saya hormati..mari kita cari rizki yg pasti2 aja tanpa dibelengu dngn sifat keserakahan & khayalan yg berkilo2 grm jmlh nya..tapi pelan tapi pasti…! dan hal yang paling mendasar adlh: kelestarian alam hrs tetap terjaga, dimana kita berpijak disitu bumi kita junjung, dan membantu menaikan taraf ekonomi masyrkat setempat…! Thanks for reading.. (ht line 081315099155 )

    [reply this comment]

  121. ANOV CRETIVE FOR YOU Says:

    bagi anda yg ada d LOMBOK/SUMBAWA kesulitan olah limbah ( PUYAK ) dr sistem glondong/tromol bs kontak aq.KERJA SAMA OK . bisa diolah walau d pemukiman padat penduduk ( ramah lingkungan ),tidak berbahaya. yg pasti ngak melanggar hukum .call me 03706650314.

    [reply this comment]

  122. wijaya Says:

    pak anchest itu emas abu maksudnya berupa apa ya

    [reply this comment]

  123. anov art Says:

    khusus lombok / sumbawa olah limbah dr glondong/tromol non kimia ramah lingkungan langsung terliat emasnya serius hub. 03706650314

    [reply this comment]

  124. chozin Says:

    Bapak2 Ibu2 yth, saya mohon info bagi siapa saja yang bisa buatkan tungku peleburan batu/pasir yg ada kadar emas, bisa email atau tlp saya dengan rincian biaya komplit, posisi saya di surabaya, terima kasih, wassalam

    chozin
    HP: 081 803 118 400
    Email : chozinatulasror@ymail.com

    [reply this comment]

  125. chozin Says:

    Nb. maksudnya tungku pembakaran biar gak jadi masalah di lingkungan

    [reply this comment]

  126. nabay Says:

    Jikalau ada informasi mengenai PYRITE silakan email saya di nabay@ymail.com saya berniat untuk kerja sama.

    [reply this comment]

  127. aris nobeng Says:

    to; pak dian.

    pak saya minta ajarin dong,syukur2 bapak mau kerja sama. saya ada chanel penghasil batunya…..please call/sms di 08562831883. posisi saya dijakarta pak.

    [reply this comment]

  128. rusman Says:

    teman saya memiliki batu intan BONGKAHAN,berat 32,2 Kg, warna putih,khusus pembeli

    [reply this comment]

  129. paul Says:

    setelah itu…..bagaimana cara pisahkan emas dan perak………..?????????

    [reply this comment]

  130. Muhib Says:

    yang punya pengolahan cara apapun, mohon saya dibagi ilmunya di hib_silverage@yahoo.com..
    saat ini saya konsentrat udah dapat, peleburan pembakaran masih coba2…..
    semoga bisa tukar pengalaman….slm

    [reply this comment]

  131. Ricky Hartono Says:

    Saya telah mencoba beberapa metoda untuk pemisahan Au, mulai dari yang sederhana dengan metoda gelundung sampai dengan sianid. Hasilnya adalah setelah semua metoda yang saya pakai, kuncinya bahwa penting sekali untuk mengetahui senyawa atau ikatan kimia dari material yang kita akan olah. Kalau kita melabkan material yang akan kita olah pada lab seperti sucofindo atau lab intertek selalu yang dilaporkan adalah kandungan Au, Cu, Ag, Zn Pb, Hg dll tapi tidak dilaporkan masalah ikatan senyawa dari contoh row material. Metode untuk mengetahui ikatan senyawa mineral,banyak sekali metoda salah satunya bisa dengan analisa petrografi.

    Metoda penghalusan sampai dengan mess 150 atau 200 untuk memecahkan ikatan senyawa juga diperlukan setelah kita mengetahui jenis ikatan senyawa tadi. Untuk emas yang berbutir kasar (Nugget) tidak akan hancur pada mesin rollmill tapi bentuknya menjadi lempengan.

    Khusus untuk emas placer apabila mengandung mineral yang bersifat magnetik dapat dipisahkan terlebuh dahulu dengan magnetik separator muali dari medan gauss yang rendah sampai yang tinggi.

    Pemisahan silika juga diperlukan untuk menjadikan row material tadi menjadi konsentrat bijih. Metoda yang saya gunakan untuk pemisahan ini adalah metoda floating. ( Mesin Floating dan zat kimia kami buat sendiri dengan rekan satu TIM ) Metoda Floating sangat baik karena mampu memproses emas mulai dari kadar 1 samapi 2 ppm.(gram per ton)

    Apabila sudah menjadi kosentrat kita dapat bebas memlih metoda untuk pemurniannya. Untuk pemurnian disarankan tidak menggunakan Air raksa HG atau sianida. Saya menggunakan aqua regia. atau kalau mengandung sinabar (Au Amalgam) dengan proses penyulingan dan proses pemanasan di dalam ruang asam agar tidak terhirup atau tercium oleh operator.

    Metoda ini saya terapkan pada lokasi tambang saya di Sulawesi Tenggara. Barang siapa berminat untuk metoda ini dapat menghubungi kami http://www.bhumigroup.com. atau email info@bhumigroup.com.

    [reply this comment]

Leave a Reply