Mar 29

Harian Kompas, Sabtu, 29 Maret 2008 | 01:27 WIB
Blora, Kompas – Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, bekerja sama dengan PT Pertamina Eksplorasi Produksi Regio Jawa Area Cepu berencana melakukan inventarisasi sumur minyak tua peninggalan Belanda selama setahun ke depan. Seusai pendataan, sumur tua yang diketahui masih produktif akan dikelola kembali, baik oleh PT Pertamina, koperasi unit desa, maupun badan usaha milik daerah.

Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora Sutikno Slamet mengatakan itu, Jumat (28/3). ”Pendanaan kegiatan itu sepenuhnya ditanggung pemerintah kabupaten, yaitu Rp 75 juta. Dana itu dialokasikan dari APBD 2008,” ujarnya.

Kegiatan itu terkait dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1 Tahun 2008 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak Bumi pada Sumur Tua. Peraturan itu menggantikan Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 125.K/30/M.PE/ 1996 tentang Pedoman Pengusahaan Minyak Bumi pada Sumur-sumur Tua.

Sutikno mengatakan, inventarisasi itu meliputi jumlah sebaran sumur dan letak sumur berdasarkan daerah dan titik koordinat. Selain itu, pemerintah akan melihat kondisi sumur, masih produktif atau kosong.

511 sumur

Berdasarkan perhitungan sementara yang dilakukan Bagian Perekonomian Pemkab Blora, jumlah sumur tua di daerah itu mencapai 511. Sumur tersebar di tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Kedungtuban, Jiken, Sambong, Kunduran, Randublatung, Ngawen, dan Jati.

Menurut Sutikno, sumur-sumur itu milik PT Pertamina. Selama ini sebagian besar sumur ditutup dan tidak diolah, padahal sekitar 50 persen dari 511 sumur itu masih produktif.

Secara terpisah, Staf Humas PT Pertamina EP Region Jawa Area Cepu Anggadewi Widyastuti mengatakan, pemanfaatan sumur tua harus melalui pertimbangan dan izin Pertamina. Hal itu diperlukan karena Pertamina juga mempunyai program membuka kembali sumur-sumur tua untuk diolah. (HEN)

5 Responses to “PERTAMBANGAN, Inventarisasi Sumur Minyak Tua di Kabupaten Blora”

  1. zulkarnain Says:

    mohon arahan dari PT.Pertamina EP yang berada di wilayah Sanga-Sanga Anggana,dan Samboja agar supaya kami dapat diberikan hak kelola sumur tua yang berada dimasing masing wilayah tsb..,karna sumur tua tersebut sangat banyak sekali yang tidak terawat dgn baik..kami siap untk bekerja sama dgn PT.Pertamina EP untuk pengelolaan sumur tua tsb,dengan ketentuan dan peraturan yg ada..terimakasih…

    [reply this comment]

    yahya reply on January 12, 2010:

    pak zulkarnain, bisa kirim message ke email saya, ada hal yg penting terkait sumur tua

    [reply this comment]

    Herry Saptono reply on April 22, 2010:

    Iya pak, sayang sekali kalau dibiarkan terbengkelai, potensi sumur tua masih baik, masih bisa menyumbang devisa negara, Saya telah bergerak membenah sumur2 tua di Jawa dan Sumatra, telah membentuk PT USAHA SOEMOER TOEA, siap membantu jika diperlukan, kami mempunyai teknologi tepat guna untuk sumur tua, terima kasih

    [reply this comment]

  2. Hendarno Wibisono, ST Says:

    Yth. Divisi Reservoir PT. Pertamina EP Region III Hulu Cepu
    Mohon berkenan kami diberi data penyebaran reservoir untuk lapangan Ngawen – kunduran.
    terimakasih

    [reply this comment]

  3. Bahgya Siregar Says:

    Yth. Bapak Zulkarnain
    Kami melihat tulisan atau email Bapak di internet, walaupun sudah agak lama y.i. tgl 1 Juni 2009. yaitu tentang minat Bapak utk mengelola sumur tua . Saya baru saat ini membacanya. Jika Bapak memungkinkan untuk mengelola sumur tua di P Jawa , mohon Bapak dapat kontak lewat email kami .
    Terima kasih .

    harmony@cbn.net.id
    Jakarta, 13 September 2009

    [reply this comment]

Leave a Reply