Apr 02

Harian Kompas, Rabu, 2 April 2008 | 01:41 WIB

Jakarta, Kompas – Di tengah gencarnya program pemerintah menyukseskan konversi minyak tanah ke gas, pasokan gas ukuran 3 kilogram justru seret. Pihak pangkalan minyak tanah, yang telah berusaha menjadi pangkalan gas, mengeluhkan seretnya pasokan sepekan terakhir. ”Ini sudah keempat kalinya sejak bulan Januari. Sebenarnya maunya pemerintah itu apa sih. Kalau enggak siap, tunda konversi saja karena kejadian kayak gini menyebalkan,” ujar Memed (38), pemilik pangkalan minyak tanah dan gas 3 kg di Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (1/4).

Memed mengatakan, pangkalannya saat ini dalam sehari mampu mendistribusikan hingga 170 tabung gas 3 kg ke berbagai gerai atau warung. Namun, sepekan terakhir, agen membatasi pasokan sehingga Memed terpaksa berburu ke berbagai agen lain untuk mencukupi stoknya.

Abjad (50), pengecer elpiji di Kelurahan Karet, Jakarta Selatan, kemarin hanya berhasil mengisi gas dua tabung dari delapan tabung 3 kg yang dibawanya ke pangkalan gas. ”Program pemerintah tuh kayak main-main saja. Bikin kita diomelin langganan nih,” kata Abjad, mengeluh.

Sementara Kepala Bagian Perindustrian dan Perdagangan Biro Administrasi Perekonomian DKI Jakarta Ismarlan mengatakan, konversi gas di DKI Jakarta sudah mencapai 95 persen. Sisanya yang belum, yaitu di Cakung, Pasar Rebo, Ciracas, Kebayoran Baru, dan Kebayoran Lama.

Forum Masyarakat Pengguna Minyak Tanah (FMPMT) kembali menyerukan tuntutan pembatalan kebijakan konversi energi. Program itu dinilai tidak bijaksana di tengah kenaikan berbagai kebutuhan pokok. ”Sejak awal kami yakin kebijakan konversi energi ini adalah akal-akalan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar. Seiring permintaan yang membubung, sudah pasti harga gas bakal dinaikkan,” kata Humas FMPMT Sapta Delano.

Tabung 12 masih langka

Di Tangerang, permintaan tabung gas 12 kg juga kian meningkat setelah harga gas 50 kg dan bulk naik sejak September 2007 dan Januari 2008. Hal itu diduga konsumen elpiji 50 kg dari kalangan industri beralih memakai elpiji 12 kg.
Bahkan, pangkalan gas dan penjual tabung gas eceran akhir- akhir ini sudah kehabisan stok tabung gas ukuran 12 kg. Harga tabung beserta isinya itu kini berkisar Rp 480.000 hingga Rp 500.000 per buah. Padahal dua bulan lalu harga tertinggi hanya Rp 275.000, kemudian naik menjadi Rp 325.000 per tabung.

”Sejak tiga hari ini saya tak menjual tabung lagi karena memang susah nyarinya. Pabrik sudah kehabisan tabung barangkali,” tutur Ny Salamah, pedagang tabung gas dan isi ulangnya di Jalan Raya Cipondoh, Kota Tangerang. Salamah mengaku kewalahan melayani permintaan pembeli yang umumnya menginginkan tabung ukuran 12 kg. ”Waktu saya bilang harganya Rp 500.000 per tabung, mereka menjawab, kok mahal,” lanjut Salamah.

Suryati, pemilik pangkalan gas di Cipadu, juga mengaku tak punya lagi stok tabung gas isi 12 kg. Pedagang tabung gas dan alat elektronik di Jalan Raya Ciledug juga tak lagi memajang deretan tabung ukuran 12 kg dan 3 kg. ”Harganya sudah mahal, apalagi barang juga enggak ada,” kata Chen-chen, salah seorang pemilik toko di sana. (SF/NEL/KSP/TRI)

8 Responses to “Pasokan Elpiji 3 Kg Ikut Seret, Tabung Elpiji 12 Kg Masih Langka dan Mahal”

  1. Yohanes Says:

    Bagi yang ingin menjadi pangkalan/sub agen tabung gas elpiji 3kg dapat menghubungi saya di nomor 021-98983099 untuk bertanya2 atau informasi. Khusus Jakarta Utara dan Timur.

    [reply this comment]

  2. Yohanes Says:

    Bagi yang ingin menjadi pangkalan elpiji 3kg/ sub agen silahkan menghubungi saya di nomor 021-98983099. Untuk Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Salam Sukses Untuk Kita Semua. Trims

    [reply this comment]

    Emil reply on May 27, 2009:

    Pak Yohanes, saya ingin coba usaha pangkalan elpiji 3kg u/wilayah jakarta selatan. Bs tlg ksh tau caranya?
    Makasih banyak

    [reply this comment]

    hadi meidiyan reply on June 10, 2009:

    Pak Yohanes, saya juga ingin coba usaha pangkalan elpiji 3kg u/wilayah jakarta Pusat.
    Kira2 Prosedurnya seperti apa yah…??
    Trus Berapa Biaya Investasinya untuk setiap tingkat kapasitasnya…??

    Makasih banyak

    [reply this comment]

  3. jaka Says:

    bagaimana caranya menjadi agen gas elpiji 3kg untuk di daerah ?

    [reply this comment]

    Akhyar M. Zen reply on April 15, 2009:

    Assalamualaikum

    Pembaca yang kebetulan membuka usaha pangkalan gas elpiji 3kg, bisa menghubungi saya. Khususnya untuk daerah Bekasi, Bogor atau Jakarta Timur. Kami dari PT. BIMALUKAR ELPINDO JAYA merupakan agen langsung dari Pertamina, oleh karena itu berani menjamin harga yang sangat kompetitif dan jaminan ketersediaan barang. Hubungi saya di 0852 84 55 0898 atau di 08811 336 248 atau kantor kami di no. 021 8249 9128.

    Wassalamualaikum wr. wb

    Akhyar M. Zen

    [reply this comment]

  4. Peter Says:

    Bagi yang mencari tabung gas elpiji 3 kg dan 12 kg dalam jumlah banyak untuk jabodetabek bahkan untukdi daerah, hubungi kami di 021-93216737.

    [reply this comment]

  5. nanang yuniawan Says:

    gimana caranya jadi agen distributor di daerah banyuwangi jatim

    [reply this comment]

Leave a Reply