May 27

Harian Kompas, Selasa, 27 Mei 2008 | 03:00 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS – Pengeksplorasi tambang pasir besi di pesisir Kulon Progo, DI Yogyakarta, PT Jogja Magasa Mining, menjamin, proses penyusunan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan akan dilakukan secara terbuka. Semua pihak dapat berpartisipasi dalam mengawasi proses yang akan menentukan keberlanjutan proyek senilai 600 juta dollar AS itu.

Demikian penegasan Presiden Direktur PT Jogja Magasa Mining (JMM) Luthfi Heyder, Senin (26/5) di Yogyakarta.

Izin penyusunan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (amdal), lanjutnya, rencananya akan turun setelah kontrak karya proyek ditandatangani Presiden. Namun, Luthfi tidak tahu kapan kontrak karya akan ditandatangani. Pihaknya berharap, pertengahan tahun ini hal tersebut sudah terlaksana.

”Kami sudah menggandeng dua perusahaan yang akan menyusun dokumen amdal menurut aturan yang berlaku secara nasional maupun internasional. Ditargetkan, dokumen amdal selesai disusun dalam waktu enam bulan,” tutur Luthfi menambahkan. Dua perusahaan dimaksud adalah PT Asana Wirasta Setia (AWS) serta United Research Services (URS) yang berbasis di Australia.

Pengawasan
Secara terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Bambang Harimurti mengatakan, siap berpartisipasi dalam pengawasan penyusunan amdal penambangan pasir besi tersebut. Meski demikian, dia belum bisa memastikan apakah pengawasan akan menjadi kewenangan Bapedalda DIY, cukup dilakukan di tingkat Kabupaten Kulon Progo, atau harus melibatkan petugas dinas lingkungan hidup.

”Keputusan itu sepenuhnya bergantung pada isi kontrak karya yang sekarang masih diproses persetujuannya,” kata Bambang menjelaskan. (YOP/DYA)

20 Responses to “PASIR BESI, Jogja Magasa Mining Jamin Keterbukaan Proses Amdal”

  1. sutanto adi Says:

    selamat pagi

    saya ingin mendapatkan informasi
    tentang penerimaan tanaga kerja dari JMM
    yang untuk operasi penambangan di KAB Kulon Progo
    saya juga warga Kulon Progo yang mendukung sekali
    atas adanya rencana penambangan pasir besi ini

    besar harapan saya dapat menerima informasinya dan atas informasinya
    saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya

    [reply this comment]

  2. HARRY KASIYANTO Says:

    Dear pak,

    Saya warga Kec. Galur yang sekarang ini bekerja di pertambangan batubara termuka di KalSel, saya sepakat dengan dibukanya tambang biji besi di daerah kami,semoga akan bisa mendongkrak pendapatan daerah,meningkatkan SDM warga,dan sehat,aman,serasi perusahaan dengan lingkungan warga setempat.
    sehubungan dengan itu kami ada keahlian dibidang safety Healt & Env dan Com DEV barangkali ada formasi sesuai jabatan kami mohon informasinya.

    salam,
    Harry K

    [reply this comment]

  3. sigit karma budi Says:

    Saya termasuk orang yang mendukung keterbukaan informasi rencana penambangan pasir besi di wilayah tersebut.
    Selama rencana tersebut dari sisi amdal lebih banyak menguntungkan daripada efek kerugiannya saya mendukung penambangan tersebut
    Mohon informasi juga apabila ada informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang garap saya, yaitu di bagian engineering pertambangan batubara di kalsel

    [reply this comment]

  4. sigit karma budi Says:

    Ass. Wr. Wb.

    Saya termasuk orang yang mendukung keterbukaan informasi rencana penambangan pasir besi di wilayah tersebut.
    Selama rencana tersebut dari sisi amdal lebih banyak menguntungkan daripada efek kerugiannya saya mendukung penambangan tersebut
    Mohon informasi juga apabila ada informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang garap saya, yaitu di bagian engineering pertambangan batubara di kalsel

    Wass. Wr. Wb.

    [reply this comment]

  5. Subiyanto,SE Says:

    Kami setuju dengan dibukanya penambangan Pasir besi tersebut, karena akan menambah dan memperkuat perekonomian di Yogyakarta. Sukses dan mohon perhatikan lingkungan sekitar agar tetap dalam koridor sehat semuanya.
    Kami marketing light truck Toyota Wil Pemasaran Yogyakarta, mohon kiranya penggunaan armada yang dibutuhkan PT. JMM bisa menggunakan product toyota yang sudah teruji kemampuannya. Terima kasih atas perhatiannya.

    [reply this comment]

  6. dwi haryadi Says:

    saya termasuk orang yang mendukung dibukanya penambangan pasir besi di kab kulon progo, selain dapat mendongkrak perekonomian setemapt juga dapat sebagai ajang promosi wisata didaerah jogja pada umumnya, karena dengan dibukanya tambang tersebut tentunya akan ada investor dan para expatriat yang akan datang ke jogja.
    oleh karena itu jika ada penerimaan pekerja, saya berharap bisa bergabung.
    saat ini saya masih bekerja disalah satu distributor alat berat ternama dan saat ini bertugas dikalimantan.
    demikian atas informasinya saya ucapkan terimakasih.

    [reply this comment]

  7. Ir H.M SUPARJO MM Says:

    Pak kami setuju dg rencana dilakukanya penambangan mineral yg ada di Kulon progo , dan kami siap memasarkan produk tersebut demi kemajuan daerah asal saya lahir , selamat berjuang demi kemajuan Kulon progo dan sekitarnya

    [reply this comment]

  8. tanah manis Says:

    setuju

    [reply this comment]

  9. tanah manis Says:

    mohon info lowongan kerja yang berkaitan langsung maupun tdk langsung dg proyek ini

    [reply this comment]

  10. V.taufiqurahman,S.Pt Says:

    ass,wr,wb
    dear PT.JMM, saya sangat mendukung dengan dibukanya tambang biji besi di daerah saya (kulonprogo) karena akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, untuk itu saya mengharapkan agar masyarakat lokal yang diprioritaskan untuk bekerja di PT.JMM.
    untuk itu saya mohon info untuk dapat bergabung dengan PT.JMM karena saya orang lokal dan saya ada pengalaman dalam bidang MINING (bidang Logistic dan Purchasing) di kalimantan Timur.

    saya tunggu info by E-mail

    [reply this comment]

  11. V.taufiqurahman,S.Pt Says:

    dear PT.JMM,
    saya masih bekerja di salah satu PT mining batubara di kalimantan timur sebagai Logistic dan Purchasing selama 3,5 tahun, saya berharap ada formasi untuk saya di PT.JMM karena saya ingin memajukan daerah asal saya kulonprogo.

    mohon info agar dapat bergabung PT.JMM
    terimakasih

    [reply this comment]

  12. tanusi Says:

    Dear PT. JMM

    Saya setuju dengan penambangan pasir besi yang ada di kulonprogo tapi harus memperhatikan petani yang ada di daerah sekitarnya jangan sampai dengan adanya penambangan petani sekitar malah terpinggirkan.

    [reply this comment]

  13. filiphus Says:

    setuju dengan operasi penambangan ini,yang penting kehadiran perusahaan ini bemanfaat langsung terhadap masyarakat sekitar,sampaikan program CSR / COMDEV ke stake holder.
    Kepatuhan terhadap regulasi pemerintah harus ditegakkan.

    [reply this comment]

  14. tri Says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb

    Dear PT Jogja Magasa Mining

    Saya mendukung adanya pertambangan pasir besi ini.
    Saya ingin bergabung di PT JMM ini.
    Saya mohon informasi jika ada lowongan pekerjaan di PT JMM.

    Terima kasih

    Wassalamu’alaikum Wr Wb

    [reply this comment]

  15. Subiyanto Says:

    Toyota siap membantu penggunaan armada untuk keperluan perusahaan JMM. Contact kami Subiyanto,SE 0274.7473744.

    [reply this comment]

  16. nawanto Says:

    saya,, setuju dengan dibukanya tambang pasir besi dikulon progo,,karena dapat menyerap tenaga kerja di wilayah jogjakarta,,shg warga jogja dapat meningkat lagi kesejahteraannya,, ditunngu informasi lowongan pekerjaannya

    terima kasih

    [reply this comment]

  17. Sunarjaya Says:

    Dear,
    JMM Management

    Saya mendukung secara penuh proyek ini.
    Mohon informasi lowongan kerja di JMM.Saya memiliki pengalaman sebagai leadhand
    Fire maintenance 5 thn.dan Emergenci Response 2 thn di salah satu perusahan pertambangan gold di indonesia papua.
    sekaarang masih actif.

    salam,
    Sj

    [reply this comment]

  18. erwant Says:

    pak, saya warga banaran, galur, kulon progo. saya lulusan S1 teknik mesin dan saat ini sangat membutuhkan pekerjaan, kalu ada lowongan kerja di pt JMM di kulon progo saya sangat berharap banget dapat bekerja di situ, terima kasih. Kalau ada lowongan beritahu saya ya pak, lewat e mail . Matur nuwun

    [reply this comment]

  19. hamdan prasastiperang Says:

    dear P.T JMM

    lebih baik hidup sederhana,apa adanya dengan cangkul dan benih di tangan kami,,,
    dari pada meperoleh rejeki tapi menjadi budak di negeri sendiri dan melihat kehancuran alam lingkungan di sekitar kami!!!!!

    pergilah kesana dan dukung proyek itu wahai penjilat!!!!
    yang selalu tidak puas dengan apa yang sudah kalian peroleh!!!!!

    walaupun nafas ini kan menjadi hembusan terakhir,walaupun darah ini akan tertumpah!!!
    aku akan tetap menolak untuk di jajah!!!

    [reply this comment]

  20. agung dn,ST Says:

    ass,wr,wb
    saya setuju dengan dibukanya tambang biji besi di daerah kulonprogodisamping akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat juga akan meningkatkan pendapatan daerah,klonpropro punya potensi dan sayang sekali apabila tidak digali dan dimanfaatkan untuk itu saya mengharapkan agar masyarakat lokal yang diprioritaskan untuk bekerja di PT.JMM.
    sebagai warga setempat saya akan dukung terus dan memberi pengertian kepada warga sekitar tentang damapak yang akan terjadi demi kebaiakan didirikanya paprik ini terima aksih

    [reply this comment]

Leave a Reply