NEWS FLASH
Banner
Banner
Banner
Banner
Sosialisasi Pengelolaan Open Jurnal System (OJS) di Puslitbang tekMIRA Bandung
BERITA INTERNAL

Bandung, 2 Juni 2017. Puslitbang tekMIRA menyelenggarakan kegiatan sosialisasi e-Journal publikasi ilmiah dengan menggunakan Open Journal System (OJS) yang diikuti oleh para peneliti dan pengelola Jurnal.

Open Journal System (OJS) adalah platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online. Fungsi OJS ini merupakan wadah untuk menampung naskah ilmiah secara online dan mudah diakses oleh publik. Didasari oleh Peraturan Kepala LIPI No. 3 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala dan SE Dirjen DIKTI No. 212/E/T/2012 tentang Pengelolaan Jurnal Ilmiah Elektronik, maka selanjutnya ke depan seluruh publikasi ilmiah diharapkan sudah memakai Sistem OJS.


OJS memungkinkan pengelola jurnal untuk migrasi dari sistem pengelolaan offline menjadi online. Mulai dari sebuah manuscript dikirim oleh penulis, proses reviewing, tracking, dan sebagainya hingga manuscript tersebut diterima untuk diterbitkan dalam sebuah jurnal, semuanya bisa dilakukan dengan OJS.

Sosialisasi dilakukan dengan melakukan simulasi cara pendaftaran atau pembuatan akun OJS Puslitbang tekMIRA. Pembuatan akun OJS Puslitbang tekMIRA ini diawali dengan pengisian biodata dan beberapa informasi lain, kemudian dilanjutkan dengan 5 tahapan untuk meng-upload artikel.


Jurnal Puslitbang tekMIRA yang diterbitkan adalah Indonesian Mining Journal dan  Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara.  Status Jurnal Puslitbang tekMIRA telah terindeks dalam ISJD (Indonesian Scientific Journal Database), Google Scholar (Google), WorldCat dan OneSearch Indonesia

Masukan yang diberikan oleh peserta sosialisasi ini dapat menjadi bahan perbaikan bagi redaksi Jurnal Puslitbang tekMIRA baik dalam hal teknis pada situs web OJS Jurnal Puslitbang tekMIRA maupun pada manajemen penerbitan jurnal. Alamat situs Jurnal Puslitbang tekMIRA dapat diakses di (http://jurnal.tekmira.esdm.go.id/).NR

Share

 
Banner
Banner