resep kue kering

ubud villa

anjing di jual

mesin puncak
NEWS FLASH

Profil Peneliti

Banner
Banner
LITBANG Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral
BACKUP-CAT

Litbang Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral merupakan salah satu kegiatan tertua dan sebagai cikal-bakal dari Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara. Dimulai pada tahun 1960 bernama Balai Penelitian Tambang Dan Pengolahan Bahan Galian (BPT/PBG). Kemudian pada tahun 1976 terjadi pengabungan antara BPT/PBG dengan Akademi Geologi dan Pertambangan (AGP) menjadi institusi baru bernama Pusat Pengembangan Teknologi Mineral (PPTM). Selanjutnya berubah menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral (PPPTM) dan akhirnya saat ini menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (tekMIRA).

KelompokLitbang ini terdiri dari sub-sub kelompok Karakterisasi Mineral, Pengolahan Mineral Industri, Pengolahan Mineral Logam, Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Industri Mineral, dan Teknologi Bahan.

Pada dasarnya, tugas pokok dan fungsi Kelompok Litbang Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral adalah melaksanakan kegiatan litbang yang terkait dengan seluruh mineral, baik mineral logam maupun non-logam, kecuali batubara. Selama keberadaannya, Kelompok ini telah berhasil melakukan litbang yang menyangkut peningkatan nilai tambah berbagai jenis mineral, sebagai bagian dari upaya menyiapkan bahan baku untuk industri berbasis mineral. Bahkan untuk mengintegrasikan kegiatan litbang pengolahan mineral, mulai pada tahun 2005 telah dirintis pembangunan pilot plant pengolahan mineral secara terpadu di daerah Citatah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Diharapkan, pilot plant dapat beroperasi pada tahun 2010.

Sehubungan dengan upaya Puslitbang tekMIRA meningkatkan pemanfaatan batubara sebagai energi pengganti bahan bakar minyak (BBM), Kelompok Litbang Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral telah mengimplementasikannya dalam beberapa kegiatan, yaitu:

  • Pemanfaatan katalis yang berasal dari limonit untuk proses pencairan batubara.
    Batubara cair yang telah dicanangkan sebagai sumber energi alternatif untuk menambah pasokan BBM, memerlukan katalis untuk mendapatkan hasil cairan yang tinggi dengan proses cepat. Katalis berbasis besi diprediksi akan menjadi katalis yang banyak dipakai di masa mendatang. Katalis dimaksud adalah limonit yang sangat potensial digunakan ditinjau dari aspek harga dan kereaktifannya. Sumber limonit itu sendiri banyak terdapat di Soroako (PT Inco), Sulawesi Tenggara dan Pomalaa (PT Aneka Tambang), Sulawesi Selatan.
    Kegiatan penelitian meliputi pengamatan transformasi limonit menjadi pirotit pada proses sulfidasi, serta pengkajian faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan mineral tersebut agar diperoleh tingkat pencairan batubara yang tinggi. Selain itu dikaji pula jumlah cadangan limonit di Soroako dan Pomalaa, sampai sejauh mana mampu mendukung kegiatan pencairan batubara.
  • Abu terbang pada PLTU
    Setelah berhasil melaksanakan percobaan pada skala laboratorium terhadap abu terbang PLTU Suralaya, Litbang Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral akan berupaya
    Strategi Litbang dari Kelompok Program Teknologi Pengolahan Mineral didasarkan pada program-program terkini yang diminta baik oleh masyarakat industri pengguna mineral maupun pemerintah.
    Saat ini beberapa industri yang terkait dengan bahan baku mineral adalah Industri logam, Industri Aneka, Industri Kimia, Industri Keramik, Industri Konstruksi/Bangunan, Industri Perminyakan, dan Industri Pertanian/Perkebunan,Perikanan/Peternakan.

Laboratorium

Laboratorium yang dimiliki adalah :

  • Laboratorium penelitian yaitu lab. Pengolahan Mineral, lab. Metalurgi Ekstraktif, lab. Metalurgi Fisik, lab. Elektro Kimia dan lab. Teknologi Bahan.
  • Laboratorium pengujian yaitu lab. Kimia mineral dan Lingkungan (terakreditasi ISO 17025), lab. XRD/XRF, lab.Fisika Mineral, dan lab. Mineralogi Optik.

Kelompok Pengolahan Mineral secara intensif melakukan kerjasama litbang dengan berbagai institusi litbang, BUMN dan perusahaan swasta di dalam negeri, maupun dengan beberapa institusi litbang di luar negeri. Di dalam negeri antara lain LIPI, BPPT, Balai Besar Keramik, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Krakatau Steel, PT. Batubara, dan beberapa perusahaan wasta. Kerjasama luar negeri antara lain dengan JICA (Jepang), Belgia, ITRI (Inggris), Wollongong University (Australia), Korea dll.

Kelompok Litbang Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki keahlian berdasarkan disiplin ilmunya yaitu Mineralogi/fisika mineral, Kimia mineral, Pengolahan mineral, Piro-metalurgi, Hidro- metalurgi, Elektro metalurgi, Bioteknologi dan Teknologi bahan.

Beberapa karya litbang peningkatan nilai tambah mineral yang telah diterapkan oleh industri-industri berbasis mineral di Indonesia meliputi Teknologi pengolahan mineral logam, Teknologi pengolahan mineral industri, Teknologi bahan, dan Teknologi pemanfaatan limbah.

Personal Kontak :

DR. Siti Rochani
E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya
Telp. : (022)6030483, Fax : (022) 6003373

Share

 

PROFIL TEKMIRA

Kalendar tekMIRA

<<  September 2014  >>
 M  S  S  R  K  J  S 
   1  2  3  4  5  6
  7  8  91013
14151617181920
21222324252627
282930    
Banner
Sejak Maret 2010
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterKunjungan ke :336346

IP Anda: 10.10.10.2
 ,