Tim Puslitbang tekMIRA mendampingi Bapak Dirjen Minerba pada Kegiatan pemeriksaan sampel pasir Zircon di Bangka Belitung

Tim Puslitbang tekMIRA (Didit dan Irwan) mendampingi Bapak Ridwan Jamaludin pada Kegiatan pemeriksaan sampel pasir Zirkon oleh tim Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengambilan sampel tersebut merupakan tindak lanjut Surat Gubernur Bangka Belitung kepada Kepala Kantor Pengawasan pelayanan Bea dan Cukai Pangkal Pinang agar tidak melakukan izin ekspor terhadap komoditi pasir zircon dari PT Cinta Alam Lestari (PT CAL) karena diduga adanya kandungan mineral lain di dalam pasir zirkon yang belum sesuai dengan standar ekspor.

Kegiatan Pengambilan sampel pasir zircon juga disaksikan oleh anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Patijaya, Direktur Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Bangka Belitung, Kadis ESDM Bangka Belitung, Bea Cukai TMP C Pangkalpinang, PT CAL, dan PT Sucofindo selaku surveyor yang mengeluarkan LS (Laporan Surveyor).

Dari 8 (delapan) kontainer dilakukan sampling dan diperoleh 8 sampel, dimana masing-masing sampel dibagi menjadi 4 bagian yaitu untuk Puslitbang tekMIRA, PT Sucofindo, Bea Cukai Pangkalpinang, Sampel Umpire (disegel bersama dan disimpan di kantor Bea Cukai Pangkalpinang)

Masing-masing pihak akan melakukan analisis laboratorium untuk mengetahui kandungan mineral apa yang ada. General analisis menggunakan XRF dan LTJ . hasil pengujian akan dibandingkan satu sama lain. Apabila terjadi perbedaan hasil yang cukup signifikan, maka akan dilakukan pengujian ulang di Surveyor Independent dengan menggunakan sampel Umpire yang telah disiapkan. Selain itu juga dilakukan pengukuran laju paparan radiasi masing-masing jumbo bag diperoleh paparan radiasi antara 3-8 µSv/jam dengan kategori high atau banyak mengandung unsur radioaktif. Untuk membuktikan indikasi awal tersebut maka perlu dilakukan analisis laboratorium.

HAK CIPTA © 2019 PUSLITBANG TEKMIRA KEMENTERIAN ESDM
BADAN LAYANAN UMUM TEKMIRA
Jl. Jenderal Sudirman No. 623, Bandung
Phone: (+62-22) 6030483 Fax: (+62-22) 6003373 Email: info.tekmira@esdm.go.id