Temu Teknis Uji Profisiensi

Pada hari ini, Kamis, 17 Desember 2020, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang tekMIRA) menyelenggarakan Temu Teknis uji profisiensi di Sekretariat Badan Litbang ESDM.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara, Bapak Dodik Ariyanto; Direktur Akreditasi KAN dalam hal ini diwakili oleh Ibu Neni Widyana serta 25 Laboratorium peserta terdiri dari laboratorium surveyor, Lab. Badan usaha pertambangan, Lab. Pengguna Batubara dan lab milik instansi pemerintah.

Uji profisiensi ini merupakan suatu upaya untuk memfasilitasi dan membantu laboratorium pengujian batubara yang terakreditasi dalam memenuhi kewajibannya menjamin mutu hasil pengujian seperti dinyatakan dalam SNI ISO/IEC 17025. Selain itu, melalui Uji Profisiensi ini laboratorium juga dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin luput dari pengendalian internal sehingga dapat menginisiasi tindakan perbaikan yang diperlukan untuk perbaikan kinerja laboratorium.

 

Program uji profisiensi telah banyak dilakukan di Indonesia oleh berbagai institusi yang tujuan utamanya untuk mengevaluasi unjuk kerja masing-masing laboratorium peserta dengan cara uji banding antar laboratorium ataupun uji banding terhadap bahan referensi tertelusur.

Puslitbang tekMIRA sebagai Satuan Kerja BLU yang mempunyai layanan utama jasa litbang yaitu manajemen pengelolaan tambang dan teknologi pengolahan (processing) mineral dan batubara serta layanan Laboratorium Pengujian merasa perlu menyelenggarakan Uji Profisiensi karena Layanan Laboratorium pengujian yang dimilikinya telah terakreditasi ISO 17025 sejak tahun 1999 dan menjadi pendukung kegiatan penelitian dan pengembangan pada subsektor mineral dan batubara.

Menyadari pentingnya uji profisiensi bagi laboratorium pengujian terakreditasi sebagai upaya untuk menjamin mutu pengujian, maka pada tahun ini Puslitbang tekMIRA menyelenggarakan Uji Profisiensi yang pelaksanaannya mengacu pada ISO 17043: Uji Profisiensi Laboratorium Cara Penyelenggaraan dan Pengolahan Data Uji Profisiensi. Pada uji profisiensi kali ini, semua laboratorium peserta melaksanakan suatu pengujian terhadap contoh uji yang sama dan hasilnya dibandingkan terhadap hasil pengujian yang diturunkan dari bahan referensi tertelusur.

 

Dalam sambutan dan arahannya, Bapak Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara, menegaskan bahwa dalam melaksanakan kegiatan verifikasi kuatilas dan kuantitas penjualan batubara penugasan tekMIRA dari Direktorat Penerimaan Minerba pada tahun 2020 ini, masih ditemukan parameter – parameter hasil uji laboratorium  surveyor yang outlier. “Kalau boleh kami mengusulkan sebagai upaya untuk menjamin hasil pengujian yang dilakukan sudah sesuai dengan standar. Program Uji Profisiensi ini menjadi sarana bagi Direktorat Pembinaan Pengusahaan Batubara untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja laboratorium surveyor khususnya yang terlibat dalam penjualan batubara karena hal ini terkait dengan perhitungan royalti.” Ucap Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara.

Super User

HAK CIPTA © 2019 PUSLITBANG TEKMIRA KEMENTERIAN ESDM
BADAN LAYANAN UMUM TEKMIRA
Jl. Jenderal Sudirman No. 623, Bandung
Phone: (+62-22) 6030483 Fax: (+62-22) 6003373 Email: info.tekmira@esdm.go.id