Kerjasama Penyediaan Energi Pengeringan Teh

Kerjasama Penyediaan Energi Pengeringan Teh

Kamis 11 November 2021, tekMIRA menerima kunjungan langsung Bapak Dian Hadiana Arief, SEVP Operation I PT Perkebunan Nusantara VIII beserta jajarannya dalam rangka penjajagan kerjasama uji coba pembakar siklon berbahan bakar serbuk gergaji. Pada kesempatan tersebut tekMIRA bersama mitra KSO menyampaikan paparan hasil ujicoba implementasi siklon burner berbahan bakar serbuk gergaji (sawdust) di Pabrik Teh Hitam Ciater PTPN VIII bulan agustus 2021 lalu.

Hasil ujicoba memenuhi persyaratan yang diharapkan oleh PTPN VIII yaitu burner mampu menghasilkan temperatur udara pemanas 120o celcius, produk teh kering yang bebas dari kontaminan antraquinon, dan memberikan efisiensi biaya. Uji coba siklon burner tersebut merupakan alternatif solusi energi untuk pengeringan teh di pabrik teh milik PTPN VIII yang saat ini menggunakan bahan bakar wood pellet. Pemanfaatan siklon burner ini bertujuan untuk mendapatkan efisiensi biaya namun tetap menjaga kualitas produk.

Inisiasi kerjasama penyediaan energi ini telah dimulai pada bulan februari 2020 melalui kick off meeting yang dipimpin langsung Kepala Badan Litbang ESDM, Bapak Dadan Kusdiana. Tindak lanjut dari pertemuan tersebut telah dilaksanakan dua kali uji coba Pembakar Siklon dengan bahan bakar ranting the (Juni 2020) dan bahan bakar tandan kosong kelapa sawit (November 2020).

Pertemuan awal inisiasi kerjasama Pembakar Siklon yang dihadiri Kepala Badan Litbang ESDM dengan Manajemen PTPN VIII diwakili Direktur Operasional PTPN VIII, Jhoni Tarigan (sumber litbang.esddm.go.id, 25 Febuari 2020)

Pembakar siklon (Cyclone Burner) adalah patent milik tekMIRA (No. ID P0033147, tanggal 1 Maret 2013) yaitu metode dan peralatan pembakar bahan bakar padat dalam bentuk tepung -0,5 mm yang ditiupkan secara tangensial ke dalam ruangan berbentuk silinder dan terbakar dalam proses pembakaran stabil, dapat dikendalikan, dibesarkan, dikecilkan secara elektronik atau diotomatisasi.

Saat ini, tekMIRA bersama mitra KSO telah mempunyai kontrak kerjasama penyedian energi dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung untuk pengeringan teh hijau. Kesepakataan biaya penyediaan energi antara mitra KSO dengan PPTK Gambung sebesar 30% dari penghematan penggunaan energi saat ini.

Mengingat sumber energi yang ditawarkan adalah sebuk gergaji, Bapak Dian Hadiana Arief mempertanyakan tentang kontinuitas penyediaan dan kualitas bahan bakar tersebut. Bapak Ade Tasmi (mitra KSO tekMIRA) menyampaikan usulan dan penjelasan untuk implemantasi Pembakar Siklon berbahan bakar serbuk gergaji (SG) di pabrik teh PTPN VIII diterapkan dengan strategi:

  1. Secara Parsial yaitu satu siklon untuk setiap pabrik, dengan tetap menggunakan burner berbahan bakar wood pellet/kayu bakar atau existing untuk melihat kestabilan pasokan.
  2. Secara Bertahap yaitu diterapkan sesuai dengan hasil survei ketersediaan SG disekitar lokasi pabrik dengan radius di bawah 30 km, untuk menjaga kestabilan harga bahan baku.

Lokasi Sebaran Potensi Serbuk Gergaji Wilayah Bandung dan Sekitarnya

Sebelum memutuskan kerjasama penyediaan energi yang ditawarkan oleh tekMIRA, SEVP Operation I PT Perkebunan Nusantara VIII pada pertemuan ini memberikan kesempatan untuk uji coba Pembakar Siklon di dua lokasi yaitu kebun Kertamanah untuk pengeringan dan pelayuan teh sedang di Kebon Malabar untuk pelayuan teh. tekMIRA bersama mitra KSO akan menindaklanjuti dengan melakukan survei pada kedua lokasi tersebut sebelum pelaksanaan ujicoba.

Pada kesempatan tersebut Kepala Pusat tekMIRA menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat segera diwujudkan dalam bentuk kerjasama penyediaan energi dengan PTPN VIII. Lebih lanjut Kapus tekMIRA menegaskan kembali melalui implementasi Pembakar Siklon ini tekMIRA dapat berperean dan ikut serta dalam memberikan solusi kepada industri dalam rangka meningkatkan daya saing melalui penyediaan energi yang efisien dan ramah lingkungan.

Penggunaan bahan bakar biomassa merupakan bahan bakar jenis energi baru dan terbarukan (EBT), menjadi tren saat ini karena ramah lingkungan dan sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi emisi CO2.

Ujicoba Siklon Burner bahan bakar serbuk gergaji di Pabrik Teh Ciater PTPN VIII


Print   Email

Related Articles